Membuat Text Rata Kanan Kiri pada Excel

Pada aplikasi microsoft office word untuk membuat tulisan atau text pada sebuah paragraf menjadi rata kanan dan rata kiri, rata tengah atau rata kanan dan kiri sudah pernah di bahasa pada materi mengatur perataan text pada Word Dokumen. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara membuat text atau kalimat pada kolom di Microsoft Office excel menjadi rata kanan dan rata kiri.

Bagaimana cara membuat text kalimat atau paragraf rata kanan kiri?

Untuk membuat text atau kata, kalimat pada kolom microsoft Office excel menjadi rata kanan dan rata kiri, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Bukalah aplikasi Microsoft Office Excel anda.
  • Ketiklah sebuah kalimat atau paragraf pada sebuah kolom.
  • Lakukan block dengan perintah drag dan drop pada beberapa kolom dan baris. Sesuaikan dengan panjang dan lebarnya sesuai keinginan anda. (misalnya 4 kolom dan 1 baris). Lihat contoh berikut ini:
  • Kemudian pilih alignment pada toolbar menu. Atau dengan cara lain setelah melakukan block pada beberapa kolom dan baris, klik kanan dan pilih format cells.....pilih tab aligment
  • Muncul jendela pengaturan alignment, yaitu jendela untuk mengatur perataan text pada excel
  • Untuk membuat text kalimat atau paragraf menjadi rata kanan dan rata kiri, maka lakukan pengaturan seperti terlihat pada gambar,.

Keterangan :
  • Pada tab text alignment Horizontal pilihlah pilihan justify, dengan demikian maka text kalimat atau paragraf akan di atur menjadi rata kanan dan rata kiri
  • Pada text alignment Vertical pilihlah pilihan center, pengaturan ini akan membuat text kalimat atau paragraf menjadi terletak ditengah-tengah pada baris kolom.
  • Pada Text control berilah tanda centang pada Wrap text dan Merge cells. Wrap text bertujuan untuk membuat text kalimat menjadi teratur mengikuti kolomnya. Sedangkan Merge cells bertujuan untuk menggabungkan beberapa kolom dan baris menjadi satu kolom dan satu baris.
Selesailah cara membuat text kalimat atau paragraf pada Microsoft Office Excel menjadi rata kanan dan rata kiri.

Dengan demikian hasil text kalimat atau paragraf pada dokumen excel anda menjadi rapi yaitu rata kanan dan rata kiri. Selamat bersenang-senang.

Posting Komentar untuk "Membuat Text Rata Kanan Kiri pada Excel"