Fungsi Quick Access Toolbar pada Microsoft Word

Apa itu Quick Access Toolbar dan fungsi Quick Access Toolbar pada Microsoft office word? Pengertian quick access toolbar adalah toolbar atau bar yang berisi sejumlah perangkat tombol-tombol perintah akses cepat yang berkaitan dengan pembuatan file dokumen word yang seringkali digunakan oleh para pengguna Microsoft word misalnya tombol akses cepat save berfungsi untuk menyimpan, tombol akses cepat undo yang berfungsi membatalkan perubahan terjadi pada file dari dokumen terakhir dan tombol-tombol lainnya yang ada pada jendela Quick Access Toolbar yang akan dipaparkan masing-masing dari tombol beserta fungsinya.

Quick Access Toolbar pada Microsoft office word umumnya berada pada sebelah kiri atas jendela aplikasi atau program Microsoft office word [jika anda berada pada layar komputer atau laptop, maka letak Quick Access Toolbar adalah berada pada samping kiri atas dari jendela Microsoft word dari layar monitor anda. 

Yang perlu kita ketahui adalah bahwa pada jendela Quick Access Toolbar secara default hanya ditampilkan beberapa tombol-tombol perintah saja, namun demikian anda dapat melakukan perubahan dengan mengaktifkan [mencetang] dan atau menambahkan [tombol more command] beberapa perangkat tombol akses cepat pada jendela Quick Access Toolbar sesuai dengan keinginan anda untuk dapat bekerja dengan lebih cepat,efektif dan efisien.

Namun pada kesempatan kali ini hanya akan memaparkan tampilan default dari jendela Quick Access Toolbar pada Microsoft office word 2007 berserta fungsi-fungsi dari beberapa tombol yang ada. Meskipun yang dipaparkan adalah pada Microsoft office word 2007, namun hampir pada semua versi Microsoft office word [office 2003,2010, 2013, dll] mempunyai jendela quick access toolbar dengan tombol-tombol yang berfungsi sama, hanya saja ada beberapa penambahan fitur dan dari segi tampilan yang berbeda.

Apa saja tombol-tombol yang ada pada jendela Quick Access Toolbar pada Microsoft Word dan fungsinya?

Terlebih dahulu berikut ini adalah tampilan secara default jendela Quick Access Toolbar yang ada pada Microsoft Office Word 2007.

Pada tampilan gambar di atas, maka pada tampilan default dari jendela Quick Access Toolbar terdapat beberapa tombol perintah akses cepat dalam rangka pembuatan file dokumen microsoft word beserta fungsinya sebagai berikut:
  • Tombol Save, berfungsi untuk menyimpan file dokumen word yang sedang dibuat atau sedang terbuka.
  • Tombol Undo, berfungsi untuk membatalkan perubahan file dari dokumen ketikan yang sedang dibuat/terbuka.
  • Tombol Redo, berfungsi sebaliknya dari fungsi tombol undo yaitu membatalkan perintah dari tombol undo.
  • Tombol E-mail, berfungsi membuka aplikasi outlook exprees untuk mengirim dan menerima surat atau dokumen.
  • Tombol New, berfungsi untuk membuka dan sekaligus membuat file dokumen Microsoft Word yang baru [membuka dan membuat lembar kerja/file dokumen baru]
  • Tombol Open, berfungsi untuk membuka file dokumen word yang sudah pernah dibuat dan tersimpan pada media penyimpanan baik internal maupun eksternal.
  • Tombol Quick Print, berfungsi sebagai tombol akses cepat untuk mencetak/printing dokumen. Anda juga dapat melakukan perintah mencetak file atau dokumen word dengan menekan tombol shortcut keyboard tombol CTRL + P secara bersamaan.
  • Tombol Print Preview, berfungsi untuk melihat tampilan naskah atau dokumen sebelum file dokumen tersebut di cetak dengan menggunakan printer yang sudah terinstall pada computer.
  • Tombol Spalling & Grammar, berfungsi untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa teks pada file dokumen yang sedang dibuat.
  • Tombol Drraw Table, berfungsi untuk membuat, menyisipkan atau memasukkan tabel ke dalam file dokumen Word yang sedang dibuat.
Demikianlan keterangan singkat mengenai fungsi Qick Access Toolbar dan fungsi tombol-tombol perintah akses cepat yang ada pada Microsoft Office Word.

1 komentar untuk "Fungsi Quick Access Toolbar pada Microsoft Word"