Ngeprint 2, 4, 6, 8, 16 Halaman menjadi Satu Halaman

Dalam prinsip ekonomi tentunya butuh efisiensi dalam segala hal, termasuk juga dalam hal printing atau ngeprint. Suatu contoh, Ngeprint dua, empat, enam, delapan, enam belas lembar halaman menjadi satu lembar halaman kertas akan jauh lebih hemat dan efisien. Misalnya jika dua halaman itu kita kalikan menjadi 200 kali, maka kita akan mengehemat sekitar 100 lembar kertas dan juga tintanya. Anda pun juga dapat mensetting agar hasil print setiap 1 kertas terdapat 4 halaman, 6 halaman, 8 halaman atau bahkan hingga 16 halaman hanya dalam satu halaman print.

Berikut ini adalah cara hemat untuk ngeprint atau printing dokumen dari 2, 4, 6, 8, 16 halaman dokumen yang ada pada ketikan menjadi satu lembar halaman pada hasil print out.

Bagaimana cara ngeprintnya?

Untuk melakukan pekerjaan di atas pada dasarnya adalah sama ketika kita mengeprint dokumen biasa. Hanya saja perlu pengaturan tambahan pada saat sebelum kita mengeksekusi perintah print. Berikut ini adalah langkah-langkah cara ngepeint hemat [simulasi pada kesempatan kali ini adalah pada microsoft office word 2013:
  • Buka dokumen microsoft word yang ingin anda print.
  • Untuk melakukan perintah cetak/printing pilih menu File > Print atau melalui Windows shortcut keyboard tekan tombol keyboard berlogo Windows + Tombol huruf P pada keyboard secara bersamaan sehingga muncul jendela menu printing seperti terlihat gambar di bawah ini [pada office word 2013]:
  • Seperti ditunjukkan pada gambar di atas, sebelum anda menekan tombol print [untuk eksekusi printing], lakukan pengaturan terlebih dahulu pada bagian yang bertulislkan 1 page per sheet. Klik anak panah pada tombol tersebut.Kemudian pilih sesuai keinginan anda. Beberapa pilihan yang disediakan adalah 
  1. 1 page per sheet yang artinya anda akan mencetak 1 halaman 1 sheet/lembar kerja/dokumen.
  2. 2 page per sheet yang artinya anda akan mencetak 2 halaman dalam 1 lembar kertas.
  3. 4 page per sheet yang artinya anda akan mencetak 4 halaman dalam 1 lembar kertas.
  4. 6 page per sheet yang artinya anda akan mencetak 6 halaman dalam 1 lembar kertas.
  5. 8 page per sheet yang artinya anda akan mencetak 8 halaman dalam 1 lembar kertas.
  6. 16 page per sheet yang artinya anda akan mencetak 16 halaman dalam 1 lembar kertas.
  7. Jika sudah anda atur, maka anda tinggal menekan tombol print/cetak.
Begitulah cara ngeprint hemat dan efisien 2, 4, 6, 8, 16 halaman dokumen yang ada pada ketikan menjadi satu lembar halaman pada hasil print out. Hal ini akan menghemat biasa, kertas, dan lainnya.

Posting Komentar untuk "Ngeprint 2, 4, 6, 8, 16 Halaman menjadi Satu Halaman"