Ms Word: Mengatur Paragraf dengan Toolbar Paragraf

Pengaturan paragraf dalam ketikan pada program pengolah kata microsoft word dapat anda lakukan melalui beberapa cara. Yang pertama pengaturan paragraf dapat anda lakukan melalui menu bar pada tab page layout > page setup pada program office 2007 ke atas. Yang kedua, anda dapat menggunakan fasilitas toolbar yaitu tombol-tombol pengaturan cepat pada microsoft office word tanpa harus membuka menu page setup. 

Fasilitas toolbar untuk mengatur paragraf secara cepat pada program pengolah kata office word ada pada group atau kelompok paragraf yang biasanya secara default sudah muncul pada jendela microsoft word ketika pertama kali terbuka. Untuk lebih jelasnya mengenai tampilan dari Toolbar paragraf dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. 




Apa fungsi dari toolbar pengaturan paragraf? 

Pada toolbar pengaturan untuk mengatur paragaraf terdapat ikon-ikon yang mana masing-masing ikon tersebut mempunyai nama-nama dan fungsi-fungsi yang berbeda-beda dimana fungsi utamanya adalah untuk mengatur paragraf atau boleh dikatakan toolbar untuk pengaturan paragraf pada ketikan dengan menggunakan microsoft word. Nama-nama stoolbar tersebut akan muncuk secara otomatis ketika toolbat tersebut anda sorot dengan menggunakan kursor anda. 

Berikut ini adalah fungsi dari ikon-ikon pada toolbar paragraf di microsoft word: 
  • Bullets : adalah ikon yang fungsinya adalah memberi efek penomoran yang berupa simbol yang dapat berupa simbol yang sudah disediakan maupun gambar yang bisa anda pilih dari gambar yang sudah ada pada komputer. 
  • Numbering : fungsi ikon ini hampir sama pada fungsi ikon nomer satu, namun penomorannya adalah berupa nomer yang dapat berupa alfabet ataupun angka dalam bentuk romawi. 
  • Multi level list :ikon ini juga fungsinya hampir sama dengan ikon nomer satu dan dua. Perbedaannya adalah penomorannya dalam bentuk multi level atau nomer bertingkat atau berjenjang. Nomer bertingkat ini biasanya digunakan untuk membedakan antar sub paragaraf. 
  • Decrease Indent : fungsinya adalah untuk menggeser indentasi ke arah kiri atau atau menggeser letak awal dari ketikan geser ke arah giri. 
  • Increase indent : fungsinya berlawanan dengan fungsi ikon decrease indent. Yaitu menggeser indentasi ke arah kanan, Ikon ini akan berfungsi manakala indentasi dari paragraf sudah dalam keadaan sudah di geser ke arah kiri dengan menggunakan fungsi decrease indent. 
  • Sort : ikon ini jika anda jalankan berfungsi mengurutkan data. Ada tiga piliah pengurutan yaitu mengurutkan berdasarkan text, nomer dan tanggal dari suatu data. 
  • Show/Hide : berfungsi mengaktifkan dan menonaktifkan karakter yang tersembunyi. 
  • Align text Left : ini adalah salah satu ikon yang paling sering digunakan selain ikon Center dan Align Text Right, justify. Keempat ikon ini paling sering digunakan dalam mengatur paragraf sehingga tampil lebih rapi. Align text Left : berfungsi akan mengatur text paragraf yang diketik menjadi rata kiri. 
  • Center : seperti yang sudah dijelaskan pada ikon nomer delapan. Ikon ini berfungsi mengatur text paragraf yang diketik menjadi rata tengah. 
  • Justify : berfungsi mengatur dan memberikan efek pada text atau paragraf yang diketik menjadi rata kanan dan rat kiri. 
  • Ikon Line Spacing :fungsinya akan menentukan berapa spasi yang digunakan pada text atau paragraf yang dipilih untuk diatur paragrafnya. Ada beberapa pilihan spasi yang bisa anda pilih dari toolbar ikon ini. 
  • Shading : berfungsi memberikan efek warna background pada text atau paragaraf yang terpilih. 
  • Bottom border : secara defaultikon ini jika di sorot akan muncul tulisan bottom border. Namun setelah anak panah di pilih maka akan muncul beberpa pilihan pengaturan yang fungsinya adalah memberikan efek border atau batas atau bingkai pada text atau paragraf yang terpilih. 
  • Paragraf : fungsi ikon ini jika anda klik akan memunculkan jendela dialog pengaturan paragraf yang isinya adalah pengaturan indentasi secara detail, pengaturan spasi antar baris dan antar paragraf. 
Cara penggunaan dan implementasi dalam pengetikan adalah anda hanya tinggal melakukan blok pada text, tulisan atau paragraf yang akan anda atur kemudian klik salah satu ikon pengaturan paragraf.

Posting Komentar untuk "Ms Word: Mengatur Paragraf dengan Toolbar Paragraf "