Contoh Kop Surat Dinas dan Cara Membuatnya

Kop surat dinas merupakan hal yang wajib ada dari sebuah surat dinas. Berikut ini adalah contoh kop surat dinas dan cara membuatnya untuk sebuah organisasi baik pemerintahan, swasta, sekolah, madrasah dan lain sebagainya dengan menggunakan program pengolah kata microsoft office word.

Dalam pembuatan kop surat dinas anda dapat menggunakan program pengolah kata microsoft office baik yang berbasis windows mapun yang berbasis linux seperti open office. Namun sekarang ini open office juga tersedia dan support untuk diinstall pada sistem operasi windows.

Untuk membuat kop surat dinas resmi dari suatu organisasi baik itu sekolah, madrasah ataupun organisasi pemerintahan maupun swasta lainnya dengan menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft office word, open office, ataupun program office lainnya beberapa hal yang pelu anda siapkan adalah sebagai berikut ;
  • Program microsoft word atau sejenisnya. Namun pada contoh kop surat yang dibuat pada kesempatan kali ini adalah menggunakan Microsoft office word 2010.
  • Gambar lambang atau logo organisasi, sekolah, madrasah, perusahaan atau instansi pemerintah.
Langkah-langkah cara membuat kop surat dinas:
  • Buka aplikasi microsoft word anda.
  • Setting magin dan ukuran kertas. Umumnya kop surat terletak pada header dari halaman dan setting margin atau batas atas umumnya adalah 3 cm.
  • Klik menu insert dan pilih insert > table. Buat tabel dengan spesifikasi 1 kolom dan 1 baris. atur lebar sesuai dengan lebar kertas yang anda inginkan.
  • Atur table agar hanya border bawah yang terlihat dengan cara melakukan block pada tabel yang anda buat > Klik Kanan pada area yang di blok > Borders and Shading > pilih style dari garis sesuai dengan keinginan. Pada kolom preview, buang garis atas, samping kanan dan samping kiri. Sisakan border garis yang baris terbawah. Klik OK
  • Masukkan gambar logo atau lambang ke dalam tabel dengan cara: Letakkan kursor berada di dalam tabel, pilih menu insert>Picture. Pilih logo atau lambang organisasi anda untuk memasukkan atau menyisipkan gambar logo atau lambang dari organisasi anda ke dalam kop surat.
  • Atur gambar agar menyatu dengan text dengan cara : Klik kanan gambar yang sudah anda sisiplan > Wrap Text > Tight
  • Atur besar gambar dengan cara klik pada gambar sehingga muncul sudut-sudut yang bisa anda tarik untuk memperkecil dan memperbesar gambar.
  • Ketikkan teks yang berisi nama Organisasi, alamat dan lain sebagainya pada kop surat. Dengan cara : letakkan kursor anda di samping kanan gambar logo atau lambang organisasi. Ketikkan text kop yang ingin anda tampilkan pada kop surat dinas anda.
  • Membuat text kop surat dinas menjadi rata tengah atau justify dengan cara melakkan blok yang text dan pilih kelompok toolbar paragraf yang bertuliskan center text atau anda dapat menggunakan keyboard dengan menekan pada keyboard tombol CTRL + E
  • Mengatur besar font atau huruf [Umumnya teks nama organisasi paling atas [pelindung] adalah berukuran 14 dengan jenis huruf times new roman, nama organisasi di bawahnya berukuran 12 font times new roman.
  • Mengatur spasi paragraf antar paragraf [umunya adalah 1 spasi]
Demikianlah share mengenai cara membuat Kop surat dinas untuk organisasi pemerintahan, swasta, sekolah, madrasah dan lainnya. Anda dapat mendowload contoh kop surat pada link contoh kop surat dinas di bawah ini. Dowload Contoh Kop Surat Dinas

Posting Komentar untuk "Contoh Kop Surat Dinas dan Cara Membuatnya"