Fungsi Tab Insert pada Microsoft Office

Tab insert pada microsoft office terdapat ikon-ikon. Tab Insert merupakan fasilitas yang fungsinya untuk menyisipkan atau fungsi insert. Tab insert dapat anda temukan pada menu utama yang berada di samping kanan menu Home. Setelah anda klik tab insert maka akan muncul toolbar atau menu untuk mengakses cepat menu-menu yang ada pada tab insert. Fungsi utama tab insert pada microsoft office seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu menyisipkan atau insert yang artinya adalah anda dapat menyisipkan atau menambahkan sesuatu seperti gambar, foto, clip art, shape, tabel, word art, grafik, link atau alamat website, header dan footer halaman, variasi text, simbol-simbol pada dokumen ketikan anda dalam program pengolah kata microsoft word.

Apa saja fungsi detail dari tab menu insert ini?

Tab insert pada microsoft office terdapat ikon-ikon pada tab insert tersebut. Pada kali ini, tampilan tab insert dan ikon-ikon atau tombol-tombol adalah menggunakan Microsoft office Word 2010. Pada tampilan seperti terlihat pada gambar, tab insert terdiri dari beberapa kelompok yang berisi ikon-ikon yaitu sebagai berikut : yang paling kiri dari layar adalah Kelompok page, kemudian kelompok tabel, kelompok link, kelompok header dan footer, kelompok text dan terakhir kelompok simbol-simbol.

Gambar Tab Insert Microsoft office word 2010

Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing ikon atau tombol yang ada pada tab insert pada microsoft office Word, yaitu sebagai berikut :

Fungsi Tombol dan ikon pada kelompok Page :

  • Cover Page : fungsi dari tombol ikon ini adalah untuk membuat cover dari halaman yang anda buat. Ketika anda mengklik tombol ini, maka akan ditampilkan pilihan cover halaman. Anda tinggal memilih salah satu yang sesuai dan kemudian bisa anda edit sesuai dengan selera dan keinginan anda.
  • Blank Page ; berfungsi untuk menyisipkan satu halaman kosong tepat dibawah halaman kerja anda. Anda hanya tinggal melakukan klik satu kali tombol Blank page, maka satu halaman kosong akan muncul sebagai sisipan dari halaman di atasnya.
  • Page Break : funsinya hampir sama dengan tombol blank page, ketika anda mengklik tombol ini, maka anda akan memulai halaman baru pada baris terpilih.
Fungsi tombol dan ikon pada kelompok Tabel/table :
 
Pada tombol ini, anda dapat memasukkan atau menyisipkan, atau membuat tabel--tabel sesuai dengan keinginan anda ataupun memasukkan dan menyisipkan tabel dari Excel Spreadsheet dengan mudah dan cepat.
 
 
Fungsi tombol dan ikon pada kelompok ilustrasi/illustrations :
 
  • Picture : tombol dan ikon ini jika anda klik akan menjalankan perintah yang fungsinya adalah anda dapat memasukkan atau menyisipkan file-file foto atau gambar yang berasal dari hard disk anda atau dari tempat penyimpanan lain yang sebelumnya sudah anda hubungkan dengan komputer.
  • Clip Art : dengan tombol dan ikon ini anda dapat memasukkan dan menambahkan koleksi clip art yang sudah ada dari microsoft office yang dapat berupa video, audio atau ilustrasi yang lain.
  • Shapes : ini adalah tombol yang ketika anda klik akan menyediakan berbagai bentuk shapes yang dapat berupa garis, anak panah, segitiga, lingkaran, kubus dan  lain sebagainya yang bisa anda masukkan dan sisipkan dalam ketikan anda untuk lebih mempercantik dan memperindah atau sebagai bahasa yang merepresentasikan suatu hal atau kejadian. Dari tool ini anda dapat membuat flow chart diagram ataupun denah gambar dan lain sebagainya.
  • SmartArt : melalui menui ini anda dapat memasukkan berbagai SmartArt yang berisi graphic atau gambar-gambar yang sudah ada dan bawaan dari microsoft office word.
  • Chart : berfungsi menyisipkan dan memasukkan grafik yang dapat berupa kolom, pie, garis, pie dan lain sebagainya.
  • Screenshot : berfungsi memasukkan dan menyisipkan screenshot hasil tangkapan layar monitor pada saat itu.
Fungsi tombol dan ikon pada kelompok link
  • Hyperlink ; bertujuan dan berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan suatu Hyperlink [alamat dalam bentuk link] yang dapat mengarah kepada alamat sebuah file atau alamat sebuah website.
  • Bookmark : berfungsi memudahkan anda dalam menambahkan dokumen yang anda favoritkan sehingga sewakt-waktu dapat anda buka dan akses dengan cepat dokumen yang anda bookmark dengan mengklik tombol bookmark.
  • Cross-reference : secara default fungsinya sama seperti Hyperlink
Fungsi tombol ikon pada kelompok header dan footer.
  • Header : fungsinya menyisipkan atau menambahkan header yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Letak dari penambahan header letaknya berada di paling atas dari halaman. Header ini biasanya digunakan untuk membuat kop surat, dan akan selalu tampil pada halaman-halaman berikutnya secara oromatis dalam bentuk header yang sama.
  • Footer : fungsinya menyisipkan atau menambahkan footer yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Letak dari penambahan footer letaknya berada di paling bawah dari halaman. Footer ini biasanya digunakan untuk membuat catatan kaki pada bagian dari tiap halaman, dan akan selalu tampil pada halaman-halaman berikutnya secara oromatis dalam bentuk footer atau catatan kaki yang sama.
  • Page Number : berfungsi untuk menambahkan nomer halaman pada tiap halaman dari dokumen yang sudah anda buat. Anda dapat memilih template yang sudah disediakan.
Kelompok Text
  • Text Box : berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan text box atau tulisan yang berada dalam sebuah kotak yang bisa geser ke kanan dan ke kiri sesuai keinginan dan kebutuhan.
  • Quick Part : berfungsi untuk memasukkan field,autoText dan dokumen properties lainnya.
  • WordArt : berfungsi menyisipkan dan menambahkan WordArt atau seni dan bermacam-macam tipe huruf dari text yang anda tuliskan. WordArt dapat membuat tulisan anda menjadi lebih cantik dan keren. Anda tinggal memilih WordArt dari text, huruf atau tulisan yang anda ketik dengan memilih salah satu WordArt yang disediakan dan kemudian bisa anda edit dan sesuaikan dengan keinginan anda.
  • Drop Cap : berfungsi memberi efek Drop Cap atau salah satu atau beberapa huruf awal akan tampak lebih besar dari huruf yang lainnya dan menyatu atau embed dengan huruf lainnya
  • Signature Line : berfungsi menyisipkan atau menambahkan signature line atau baris tanda tangan pada dokumen.
  • Date & Time : berfungsi untuk menyisipkan dan menambahkan waktu dan jam sekarang [saat anda membuat dokumen pengolah kata word].
  • Object : berfungsi untuk menyisipkan object yang dapat berupa text, open office dokumen, pdf dokumen, gambar dari aplikasi lain seperti photoshop dan object-object lain yang sudah anda buat dalam bentuk file.
Kelompok Simbol-simbol :
  • Equation : berfungsi menyisipkan atau menambahkan equation atau rumus-rumus penjumlahan, perkalian dalam matematika yang mana rumus-rumus tersebut bisa anda edit sesuai kebutuhan
  • Symbol ; berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan simbol-simbol yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Tab Insert pada Microsoft Office"