Cara mempercepat Komputer dengan setting Windows Startup

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan satu tips untuk mempercepat loading Windows ketika pertama kali dinyalakan dengan mengatur startup. Perlu diketahui, startup adalah program-program atau aplikasi-aplikasi yang berjalan ketika sistem operasi komputer pertama kali dijalankan. Dan seterusnya program aplikasi ini akan tetap berjalan selama pemakai komuter tidak mematikan atau menghentikannya.

Apa saja keuntungan dan kerugian dari aplikasi startup?


Aplikasi atau program-program yang berjalan pada startup biasanya adalah aplikasi bawaan dari sistem operasi windows dan ada juga aplikasi yang terinstall dan sewaktu-sewaktu diperlukan sehingga aplikasi ini perlu dijalankan sebagai startup.

Beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat kita peroleh dari startup application ini antara lain:

Startup sangat penting dan vital untuk kehidupan system operasi computer. Aplikasi yang berjhakan startup adalah meruakan bagian penting yang tak terisahkan dari sistem servis sebuah sistem operasi.

Hampir kebanyakan aplikasi startup bawaan dari sebuah sistem operasi adalah merupakan bagian penting dari sistem dan memang diperlukan untuk menghidupkan komputer. 

Dengan demikian, ketika aplikasi atau servis ini dimatikan akan dapat berdampak vital pada komputer atau laptop bahkan dapat berakibat tidak berfungsi atau bekerjanya sebuah sistem operasi.

Memudahkan sistem di dalam memgakses sebuah aplikasi atau program yang terinstall. Suatu contoh misalnya, aplikasi anti virus, bluetooth, wireless, internet download manajer dan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan pemakainya.

Selain keuntungan atau manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi startup, terdapat juga kerugian yaitu salah satunya adalah dapat memperlambat kinerja computer atau laptop. Hal ini dapat terjadi ketika terdapat banyak aplikasi atau program-program yang berjalan pada startup. Dan program-program ini sebenarnya tidak penting bagi jalannya sebuah system operasi.

Cara mempercepat kinerja computer dengan pengaturan startup komputer

Untuk mengatasi permasalah sebagaimana yang diutarakan di atas, maka diperlukan suatu Teknik atau cara yaitu dengan melakukan pengaturan pada aplikasi startup computer atau laptop. Bagaimana cara mengatur aplikasi startup. Baca keterangan lengkapnya berikut ini:

Langkah-langkah mempercepat loading atau kerja computer dengan pengaturan pada startup aplikasi.

  • Buka aplikasi RUN dengan cara menekan tombol “Start + R’ pada keyboard\
  • Muncul jendela RUN, ketikkan pada kolom “msconfig” tanpa tanda petik
  • Klik OK, atau tekan tombol Enter
 
  • Muncul jendela “ System Configuration ”
 open task manager
  • Pilih tab Startup > Open task manager (pada windows 8 dan versi terbaru)
  • Pada jendela task manager > pilihlah aplikasi>disable
 startup windows programs
  • Selesai
Demikianlah sedikit trik untuk mempercepat loading windiows ketika pertama kali dihidupkan. Dengan trik di atas, maka system operasi windows anda dapat berjalan atau loading lebih cepat karena beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting dan berjalan startup sudah dimatikan atau disable.

Lihat videonya berikut ini

 

Untuk menghidupkan kembali startup aplikasi yang sudah anda matikan melalui pengaturan startup aplikasi dapat anda lakukan dengan mudah, yaitu dengan enable kembali startup tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara mempercepat Komputer dengan setting Windows Startup"