Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya

Sebuah komputer terdiri dari komponen komponen yang merupakan perangkat keras, yang kemudian komponen-komponen perangkat keras ini bisa dioperasikan dengan di install perangkat lunak atau software sistem operasi baik windows maupun linux beserta aplikasi atau software pendukung lainnya. Pada dasarnya bagian-bagian komponen komputer perangkat keras secara umum terdiri dari motherboard, prosesor, RAM, hard drive, adapter video dan power supply. Untuk merakit sebuah komputer, anda harus memiliki semua bagian komponen dasar perangkat keras tersebut di atas.

Unit sistem adalah inti dari sebuah sistem komputer. Komponen ini biasanya adalah berupa kotak persegi panjang yang ditempatkan pada atau di bawah kotak khusus . Di dalam kotak ini banyak komponen elektronik yang memproses informasi. Yang paling penting dari komponen ini adalah central processing unit ( CPU) atau mikroprosesor yang berfungsi sebagai "otak" dari komputer. Komponen komputer yang lain adalah random access memory (RAM) yang berfungsi menyimpan secara sementara  informasi yang digunakan CPU saat komputer hidup atau digunakan. Informasi yang disimpan atau tersimpan dalam RAM ketika komputer menyala/hidup akan dihapus ketika komputer anda sudah mati atau dimatikan .

Hampir dari setiap komponen-komponen lain dari komputer akan terhubung ke unit sistem menggunakan kabel. Kabel plug ke port tertentu ( bukaan ), biasanya di bagian belakang unit sistem. Perangkat keras atau hardware yang bukan merupakan bagian dari unit sistem kadang-kadang disebut perangkat periferal atau perangkat bagian luar yang bisa dipasang dan dicabut untuk digunakan atau tidak digunakan.

Komponen utama dari komputer adalah Motherboard 

Motherboard adalah bagian atau komponen paling penting dari sebuah komputer. Hal ini dikarena kan setiap komponen atau bagian dari komputer yang lain akan terhubung ke motherboard. Apabila komponen utama yang disebut motherboard anda rusak atau mati, maka komputer dan bagian lainnya pun tidak akan dapat bekerja/berfungsi.

Komponen utama kedua adalah CPU atau atau prosesor 
Cpu atau prosesor adalah merupakan otak dari komputer. Prosesor berfungsi untuk memberitahu komputer anda apa saja proses komputer yang harus dilakukan dan kapan harus melakukannya. Penempatan Proseseor adalah terpasang pada motherboard beserta RAM .

Komponen keras selanjutnya RAM

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory. RAM umumnya lebih dikenal dengan nama memori komputer yang berfungsi akan membaca dan menulis data atau informasi yang sedang berjalan pada komputer ketika komputer hidup. RAM tidak menyimpan informasi tetapi dapat mengingat informasi saat komputer Anda aktif dijalankan [tidak dalam keadaan mati. Setelah komputer dimatikan, maka informasi yang tersimpan dalam RAM akan terhapus. Yang perlu anda perhatikan adalah semakin banyak anda memasang atau menggunakan RAM pada komputer anda maka semakin akan semakincepat komputer anda dijalankan .

Komponen media penyimpanan Hard Disk Drive.

Komponen media penyimpanan atau biasa disebut hard disk akan berfungsi menyimpan program-program atau software aplikasi yang terinstal pada perangkat keras, menyimpan file-file baik berupa gambar, data, dan semua file lainnya yang anda simpan pada hard disk drive yang dipasang pada komputer.

Komponen Video Adaptor 
Komponen perangkat keras video Adaptor akan berfungsi untuk menghubungkan komputer anda dengan perangkat keras layar atau monitor komputer. Dengan demikian anda dapat melihat aktifitas yang berjalan dalam komputer anda melalui layar monitor komputer yang terhubung dengan video Adaptor. Video adapter juga disebut sebagai kartu grafis, video controller atau kartu video atau video graphic adapter [VGA].

Komponen PSU [power supply unit]
Sebuah komponen power supply unit akan berfungsi memberikan pasokan listrik kepada semua komponen komputer sehingga komputer dapat dinyalakan dengan listrik. PSU ini nantinya akan dihubungkan dengan listrik melalui kabel power supply . Tanpa komponen perangkat keras PSU ini, maka komputer tidak akan bisa dihidupkan .

Komponen pelengkap komputer

Sebuah Komputer tidak lengkap tanpa adanya komponen pelengkap yang disebut komponen peripheral yang terhubung dengan komponen komputer.
Salah satu komponen pelengkap komputer yang wajib ada adalah Monitor. Monitor ini berfungsi sebagai penampil aktifitas komputer sehingga anda bisa melihat semua data, semua aplikasi yang terinstal dan bisa bekerja dengan komputer melalui layar monitor.
Perangkat komponen pelengkap lainnya yang wajib ada adalah komponen keyboard dan mouse. Keyboard berfungsi untuk memberikan instruksi yang akan dikerjakan oleh komputer. Sedangkan mouse akan berfungsi memudahkan anda dalam mengerjakan dan memberikan perintah-perintah pada komputer.
Setelah semua di atas lengkap, maka seluruh komponen komponen perangkat keras komputer tersebut kecuali monitor, mouse dan keyboard perlu dibungkus rapi dengan menggunakan komponen casing atau wadah.

Itulah deskripsi singkat mengenai bagian-bagian atau komponen-komponen dasar komputer. Komponen-komponen dasar komputer tersebut wajib anda untuk membuat atau merangkai sebuah komputer. Apabila komputer sudah terangkai atau dirakit dengan benar, maka perlu diinstall sebuah sistem operasi dan juga perangkat lunak aplikasi lain sesuai dengan kebutuhan untuk menjalankan atau menghidukan dan selanjutnya bekerja dengan komputer menggunakan software-software yang sudah diinstall. 

Posting Komentar untuk "Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya"