Pertanyaan Tentang Ukuran Kertas Folio

Ukuran Kertas itu bervariasi salah satunya adalah ukuran kertas folio atau F4. Ukuran kertas folio ini umumnya banyak digunakan untuk mencetak dokumen baik untuk perkantoran pemerintah maupun swasta, foto copy dan juga untuk kepentingan akademisi, pelajar, mahasiswa dalam menyelesaikan tugas maupun karya ilmiah. Ukuran kertas folio juga paling sering dijual dan mudah kita temukan untuk kepentingan printing dan foto copy dokumen. 

Beberapa pertanyaan tentang ukuran kertas folio yaitu sebagai berikut :

Mengapa kita perlu mengetahui ukuran kertas folio?

Dalam mengetik dokumen pada Microsoft Word tentunya harus juga mengatur ukuran kertas dokumen word. Tujuan pengaturan ukuran kertas pada dokumen word ini adalah agar file dokumen word yang kita buat sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan pada printer sehingga ketika kita mencetak/print maka ukurannya akan pas dengan kertas yang disediakan pada printer dan hasil printing tidak akan terpotong dan mendapatkan hasil cetakan yang bagus sesuai dengan propporsi kertas kita.

Misalnya suatu contoh, kertas yang kita beli dan sudah kita pasang pada printer adalah kertas dengan ukuran folio atau f4, maka kita seharusnya mengatur ukuran kertas pada file dokumen yang kita buat menjadi ukuran kertas folio.

Berapakah ukuran kertas folio?

Ukuran kertas folio sering dikenal dengan istilah kertas F4. Berapakah ukuran yang sebenarnya dari kertas folio. Ukuran kertas folio adalah sebagai berikut :

Jika orientasi kertas portrait, maka ukuran kertas folio adalah :
  • Jika satuan setting Microsoft word anda adalah menggunakan satuan cm [centimeter] maka ukuran kertas folio adalah : panjang : 21.5 cm, Lebar : 33.00 cm [21.5 x 33.0 cm]
  • Jika satuan setting Microsoft word anda adalah menggunakan satuan mm [milimeter] maka ukuran kertas folio adalah : panjang : 215 mm, Lebar : 330 mm [215 x 330 mm]
  • Jika satuan setting Microsoft word anda adalah menggunakan satuan inch, maka ukuran kertas folio adalah : panjang : 8,5 inch, Lebar : 13 inch [8,5 x 13 inch] 
Jika orientasi kertas landscape, maka ukuran kertas folio adalah:
  • Jika satuan cm, maka ukuran kertas folio adalah : panjang : 33.0 cm, Lebar : 21.5 cm [33.0 x 21.5 cm]
  • Jika satuan mm, maka ukuran kertas folio adalah : panjang : 330 mm, Lebar : 215 mm [330 x 215 mm]
  • Jika satuan inch, maka ukuran kertas folio adalah : panjang : 13 inch, Lebar : 8,5 inch [13 x 8.5 inch]
Bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada file dokumen word menjadi ukuran folio?

Anda dapat melakukan pengaturan ini pada Microsoft word melalui menu utama Page Layout. Berikut ini adalah langkah setting pengaturan kertas folio pada dokumen word :

Cara pertama :
  • Klik menu utama Page Layout
  • Klik kelompok menu Page Setup, muncul menu page setup seperti gambar di bawah ini :
  • Pilih tab Paper, kemudian settinglah ukuran kertas [dengan mengetikkan secara manual] sesuai dengan keinginan anda berdasarkan pada keterangan pada pertanyaan tentang berapakah ukuran kertas folio di atas. Lebih jelasnya lihatlah gambar di bawah  ini :
Cara kedua :
  • Klik menu utama Page Layout
  • Klik anak panah pada tombol icon Size pada menu Page Layout pada kelompok Page Setup.
  • Pilihlah sub menu More Paper Size
  • Atur ukuran kertas sesuai dengan keterangan di atas.
Di atas adalah beberapa paparan mengenai ukuran kertas folio dan implementasinya dalam pengaturan dan setting kertas file dokumen word berukuran folio atau F4.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Tentang Ukuran Kertas Folio"