Mengganti Kata atau Kalimat Secara Massal

Dalam aplikasi Microsoft office program pengolah kata disebut microsoft word, program pengolah angka disebut office excel dan program untuk membuat presentasi terdapat tool atau perangkat bantu Find dan Replace atau dalam bahasa indonesia menemukan mengganti. Tool ini juga bisa anda gunakan pada program aplikasi bawaan windows yang lain seperti seperti notepad, wordpad, dan mungkin juga aplikasi atau mungkin juga program lainnya yang mana program tersebut menyediakan fasilitas atau perangkat Find dan replace atau menemukan dan mengganti kata dengan kata yang lain secara massal atau dalam jumlah banyak. 

Apa fungsi dari tool find dan replace yang saya sebutkan di atas? 

Dengan tool atau perangkat find dan replace, anda dapat menemukan mengganti kata atau kalimat yang sama dalam jumlah banyak dengan kata atau kalimat yang lain dan dalam jumlah banyak pula hanya dalam waktu yang singkat dan cepat tanpa harus menemukan dan menghapus kata atau kalimat yang anda caru dan akan diganti dan menuliskan atau mengetikkan kata atau kalimat pengganti satu persatu. 

Digunakan untuk apakah perangkat bantu find dan replace pada aplikasi word, excel, power point, notepad, wordpad? 

Sebagai contoh sederhana, dalam sebuah dokumen microsoft word, excel atau power point, notepada maupun wordpad dari sebuah perusahaan atau organisasi terdapat ketikan bertuliskan nama penandatangan yang sama dengan nomor induk pegawai yang sama pula dan dalam jumlah banyak. Apabila terjadi hal seperti di atas, dan anda ingin menggantinya dengan kata lain dalam hal ini adalah nama yang lain dan nomor induk pergawai yang berbeda, maka anda dapat me-replace atau menggantinya dengan kata atau kalimat yang beru dengan cepat dan singkat. 

Langkah-langkah contoh penggunaan 

Pada microsoft word, excel dan power point. 

Anda dapat mengakses tool atau perangkat find replace kata pada toolbar kelompok edit, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Atau anda dapat mengakses tool find dan replace melalui keyboard dengan menekan tombol CTRL + F dalam waktu yang bersamaan. Untuk lebih jelasnya lihat gambat berikut ini. 

Gambar Toolbar perangkat find replace yang ada pada toolbar kelompok edit


Gambar menu Find dan Replace 

Bagaimana cara mengganti atau replace kata atau kalimat menjadi kata atau kalimat yang lain dengan cepat pada microsoft word, excel dan power point melalui menu find dan replace? 

Pada menu di atas pilihlah tab menu replace dan kemudian anda tinggal mengetikkan kata atau kalimat awal [yang mau diganti] pada kotak yang bertuliskan di samping kirinya Find what. Kemudian ketikkan kata atau kalimat yang baru [pengganti dari kata atau kalimat awal] pada kotak yang di samping kirinya bertuliskan Replace with. Langkah terakhir anda tinggal mengklik tombol replace atau replace all untuk mengganti semua kata atau kalimat yang sama dengan kata atau kalimat yang baru sebagai pengganti. 

Pada aplikasi Notepad 

Anda dapat mengakses perangkat find dan replace pada menu edit dan kemudian pilih replace. Kemudian akan muncul menu find dan replace kata atau kalimat. Langkah selanjutnya untuk mengganti kata atau kalimat dengan kata atau kalimat yang lain sama prosedurnya pada menu find dan replace microsoft word, excel maupun power point. 

Pada program wordpad 

Anda dapat mengakses perangkat ini pada toolbar yang sudah tampil. Untuk langkah-langknya sama seperti pada langkah-langkah pada program microsoft office word, excel, power point, notepad dan wordpad. Demikian sekedar sharing cara mudah dan cepat mengganti kata atau kalimat yang sama dalam jumlah banyak dengan kata atau kalimat yang lainnya dalam jumlah yang banyak dan sama.

Posting Komentar untuk "Mengganti Kata atau Kalimat Secara Massal "