Cara Perawatan Komputer PC Lengkap

Melakukan perawatan pada komputer personal di rumah atau PC secara internal atau bagian dalam dan bagian luarnya tidak hanya akan membuat komputer anda tetap berjalan dan bekerja dengan mulus baik bagian dalam maupun bagian luar, baik kinerjanya maupun tampilannya dan efisiensi sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli perangkat komputer baru, selain itu juga merawat dan usaha perawatan komputer secara teratur dapat menjaga komponen-komponen komputer bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama atau dalam istilah lainnya adalah awet. 

Berikut adalah beberapa tips perawatan komputer pc untuk merawat komputer anda agar selalu dalam kondisi prima, efektif dan efisien dalam penggunaan dan kinerja. 
  • Membersihkan komputer. Seiring dengan waktu dan penggunaan komputer, bagian dalam komputer biasanya terdapat kumpulan debu-debu yang cukup banyak. Hal ini dapat mengurangi aliran udara dalam komputer dan dapat menjadikan suhu dalam komputer menjadi meningkat dan suhu komputer menjadi panas sehingga dapat merusak komponen-komponen yang harganya mahal seperti motherboard, prosesor. Untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada komputer anda, belilah beberapa lap udara dan bersihkan debu-debu yang menempel secara teratur. 
  • Gunakan Software Anti-virus terpercaya dan mempunyai reputasi bagus sebagai top anti virus. Dengan menggunakan program anti virus yang terpercaya dan nomor satu dalam hal reputasi akan mencegah dan menghindari komputer anda dari serangan virus, trojan, worm, dll, yang bisa mengakibatkan kinerja komputer anda menjadi sangat lambat. Ada banyak program dan software antivirus yang dijual dan bisa anda beli secara online maupun. Berdasarkan review dari berbagai situs, bahwa program antivirus nomer satu dan terpercaya mampu menjadi benteng dari serangan virus adalah Kaspersky Anti-Virus
  • Gunakan juga Software Anti Spyware, untuk melindungi komputer anda dari serangan spyware. Spyware hampir sama seperti kebanyakan virus, mereka dapat memperlambat kinerja PC menjadi sangat lambat. Sebagian besar spyware umumnya menyerang dengan cara menginstall secara otomatis tanpa sepengetahuan pemakai komputer ketika sedang menjelajah internet/browsing atau membuka email yang sifatnya tidak disengaja/sembarangan. Untuk menjaga dan mencegah serta menghilangkan spyware maka gunakanlah program Anti Spyware. Seperti hal anti virus, ada banyak tipe dan jenis program anti spyware, namun dari hasil review tentang anti spyware, maka rekomendasi program anti spyware top yang bisa anda gunakan adalah Spy-Bot Search and Destroy. Program ini bisa anda download dengan gratis tanpa harus membeli untuk penggunaan private user. Yang perlu anda pegang adalah anti spyware ini adalah salah satu anti spyware terbaik dari dari program anti spyware yang ada. 
  • Melakukan Defrag pada hardisk – Proses Fragmenting atau terpecah-pecahnya hard drive akan selalu terjadi dari waktu ke waktu setiap kali anda menghapus file, memindah-mindahkan file atau folder atau bahkan ketika komputer anda tiba-tiba mati. Maka yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan defrag atau Defragmenting hard disk secara teratur. Dengan melakukan defragmenting pada hard disk, hal ini dapat membantu mengatur ulang file-file anda, mengoptimalkan file-file sehingga bisa di akses dengan lebih cepat. Sistem operasi windows telah menyediakan program utility defragmenter yang bisa diakses dari windows explorer kemudian klik kanan dan pilih properties pada hard disk yang ingin anda defrag, kemudian muncul jendela menu Local Disk Properties dan kemudian pilih tab Tools dan kemudian pilih Optimize and defragment Drive. Anda juga bisa mendapatkan program defrag hard disk dengan mendownload secara gratis di internet. Salah satu program defragmenter yang bisa anda download dengan gratis atau free download adalah Auslogic Defragmenter. Sudah terbukti baik untuk melakukan defragmenting hard disk drive. 
  • Melakukan Defrag pada Registry. Registry pada sistem anda, hampir sama seperti hard drive, mereka juga perlu dilakukan defragmenting secara teratur. Auslogic juga merupakan program memberikan fitur bisa melakukan defragmenting pada regitry. 
  • Selalu melakukan Update Driver dan Software .Lakukan secara teratur untuk mengupdate atau memperbarui driver-driver perangkat keras anda dengan driver terbaru danjuga upgrade perangkat lunak anda dengan yang baru. Dengan melakukan update atau upgrade baik pada driver hardware maupun perangkar lunak atau program yang anda gunakan, hal ini akan meningkatkan efisiensi banyak program yang anda gunakan dan dapat meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan. 
  • Seting Start Up Program. Apabila komputer anda ketika start up atau mulai nyala pertama kali membutuhkan waktu yang lama, mungkin komputer anda perlu memerlukan di setting untuk menonaktifkan beberapa program yang tidak berguna yang secara otomatis berjalan ketika windows anda nyala atau loading dan log in pada windows atau sistem operasi lain. 
  • Non aktifkan Program yang berjalan secara tesembunyi. Setiap program yang yang anda jalankan atau berjalan dengan sendirinya tanpa sepengetahuan anda atau tersembunyi akan menggunakan sejumlah kecil dari memori komputer. Jika dalam komputer anda terdapat banyak program yang berjalan secara background dalam waktu yang bersamaan, hal ini akan berpengaruh pada saat anda menjalankan program akan merespon lebih lama dan komputer tampak lebih lambat. Oleh sebab itu, yang perlu anda lakukan adalah menonaktifkan program-program yang menurut anda tidak berguna dan berjalan secara background sehingga dapat mengurangi pemakaian memori dan mempercepat respon dan kinerja komputer. 
  • Mencari tip seputar tweak komputer. Dengn memanfaatkan fasilitas internet yang menyediakan berbagai macam sumber informasi, anda dapat mencari tips dan trik seputar tweaking komputer untuk meningkatkan kinerja PC Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Perawatan Komputer PC Lengkap"