Tips Cepat Membuka, Menyimpan dan Menutup Dokumen

Ketika kita bekerja yang berhubungan dengan mengetik khususnya dengan menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft word, maka kita akan sering sekali bahkan selalu melakukan aktifitas Membuka, menyimpan dan menutup dokumen pengolah kata microsoft word. Bagaimana caranya agar keseluruhan kegiatan ini dapat kita kerjakan dengan cepat? Tentu saja hal ini akan menyenangkan disamping dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Apa saja keuntungan dari tips cepat membuka, menyimpan, serta menutup dokumen ini?

Dengan cara kerja yang cepat dalam membuka, menyimpan dan menutup aplikasi atau software microsoft word dalam pengetikan, beberapa hal yang akan kita peroleh adalah :
  • Cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dengan dengan beberapa penekanan shortcut keyboard.
  • Tidak memerlukan waktu lama dalam membuka, menyimpan dan menutup karena dengan tips ini maka kita akan membuka, menutup dan menyimpan dokumen word hanya dalam waktu yang singkat
  • Hemat energi, karena hanya butuh tenaga yang minimal dalam bekerja dengan microsoft word.
  • Tidak harus melakukan klik pada mouse, karena hanya menggunakan shortcut keyboard.
Bagaimana caranya?

Langsung saja pada pokok bahasan seperti pada judul di atas yang inti pointnya adalah cara membuka, menyimpan dan menutup dokumen Microsoft Word dengan cepat :\

Membuka aplikasi Microsoft word dengan cepat  :

Cara untuk membuka aplikasi software microsoft word dengan cepat adalah menggunakan fasilitas shortcut keyboard. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Letakkan kursor anda di sembarang tempat, atau intinya adalah melepas mouse.
  • Letakkan jari anda pada keyboard dan tekanlah tombol-tombol berikut secara bersamaan yaitu tombol keyboard yang berlogo atau bergambar logo Windows (Start) dan tombol R pada keyboard seperti tampak pada contoh di bawah ini:
  • Setelah langkah kedua selesai maka akan muncul jendela kecil dengan judul bar atau title bar bertuliskan RUN, kemudian ketikkan pada kolom RUN tulisan "Winword". Perintah ini bertujuan untuk membuka aplikasi software Microsoft Office dengan menggunakan perintah RUN. seperti tampilan gambar di bawah ini :
Membuka Dokumen Word dengan cepat.

Jika anda ingin membuka dokumen microsoft word yang sudah anda buat, maka anda dapat membuka dokumen tersebut dengan cepat dengan tips berikut :
  •  Pastikan anda masih berada di depan jendela aplikasi word
  • Tekan Tombol Ctrl dan Tombol O secara bersamaan, lihat detailnya pada gambar :
  • Pilih dokumen yang ingin anda buka
  • Kemudian klik Open

Menyimpan Dokumen Microsoft Word dengan Cepat.

Meskipun secara default microsoft word dapat menyimpan data secara otomatis dan membuat recovery unsave file ketika komputer mati dengan tiba-tiba karena listrik padam atau baterai laptop habis, namun tidaklah salah apabila dalam melakukan pengetikan dokumen dari microsoft word hendaknya dan sebaiknya kita menyimpan pekerjaan kita sewaktu-waktu dengan cepat agar kita tidak kehilangan data yang sudah kita ketik dengan menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran. 

Cara menyimpan dengan cepat dokumen word adalah dengan bantuan shortcut keyboard, caranya adalah sebagai berikut :
  • Cara pertama :dalam keadaan jendela Microsoft Word masih aktif bekerja, tekan tombol pada keyboard secara bersamaan tombol Ctrl dan tombol S. Seperti pada gambar.

  • Cara kedua :dalam keadaan jendela Microsoft Word masih aktif bekerja, tekan tombol pada keyboard secara bersamaan tombol Ctrl dan tombol W. Seperti pada gambar. Perintah yang kedua ini, juga bertujuan untuk menyimpan dan sekaligus menutup dokumen Microsoft Word.
  • Setelah itu, sebelum dokumen tertutup, jika dokumen anda adalah dokumen baru, maka anda diminta untuk memberikan nama pada dokumen yang anda buat dan memilih tempat lokasi penyimpanan sesuai dengan keinginan anda.
Cara Menutup Aplikasi Word dengan cepat

Cara menutup atau close dokumen aplikasi word adalah sebagai berikut :
  • Pastikan anda masih aktif dan berada dalam jendela Microsoft Word
  • Tekan Tombol Alt dan Tombol F4 Secara bersamaan
  • Atau bisa juga dengan kombinasi shortcut keyboard dengan menekan Tombol Ctrl + Tombol W.
  • Jika saat itu anda membuat dokumen baru, maka akan muncul jendela yang berisi 3 permintaan yaitu untuk menyimpan (Save), atau tidak menyimpan file (Don't Save) yang anda buat dan atau pilihan ketiga tidak ingin menutup dokument (Cancel).
Demikianlah cara untuk membuka Program Aplikasi Microsoft Word, Membuka Dokumen word yang sudah tersimpan, Menyimpan dan menutup dokumen Word dengan cepat. Perlu diingat dan diketahui bahwa tips ini mungkin dapat juga diterapkan pada aplikasi atau software-software yang lain.

Posting Komentar untuk "Tips Cepat Membuka, Menyimpan dan Menutup Dokumen"