Rumus Excel Menjumlahkan Data Dua Kategori

Tentang judul artikel di atas yaitu rumus formula excel menjumlahkan data dua kategori adalah berawal dari pengolahan data yang ada pada microsoft excel secara manual untuk mencari jumlah data yang diinginkan dengan menggunakan beberapa kategori atau kategori. Pengolahan data angka seperti ini secara manual akan sangat menyusahkan ketika datanya dinamis, berubah-ubah, data dalam jumlah banyak dengan kategori yang bervariasi. Solusi yang paling tepat adalah dengan mengembangkan atau membeli sistem informasi berbasis database yang tentunya akan memakan banyak biaya.

Menimbang dan memperhatikan biaya pengembangan ataupun pembelian sistem informasi manajemen berbasis database yang memerlukan anggaran biaya yang cukup besar sehingga untuk sementara waktu memutuskan menggunakan pengolahan data dan angka menggunakan Microsoft Excel.  

Rasa penasaran, ketidaktahuan dan tuntutan yang terus menerus bertambah akan pengolahan data microsoft excel terkait dengan mencari tahu berapa banyak jumlah siswa kelas 7, 8, 9 yang berjenis kelamin laki-laki dan beberapa penjumlahan sejenis dengan dua kategori atau lebih yang lain seperti :
  • Berapakah jumlah tenaga guru yang PNS dan lulus sertifikasi?
  • Berapa jumlah siswa kelas 7, 8, 9 yang berjenis kelamin perempuan?
  • Berapa jumlah Guru GTT yang masa kerjanya 5 tahun
  • Berapa karyawan atau guru yang berjenis kelamin laki-laki dan belum sertifikasi?
  • Dan penjumlahan data lain yang sejenis dari dua kategori atau lebih.
Setelah berkutat beberapa lama dengan microsoft excel dengan, mencoba beberapa rumus formula excel dan gagal, mencari-cari referensi dari internet melalui situs pencari google yang mendunia, akhirnya rasa penasaran, kebingungan dan ketidaktahuan terbayarkan sudah dan berhasil mendapatkan rumus formula excel menjumlahkan data dua kategori atau kategori seperti kondisi-kondisi permintaan data yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai ilustrasi, berikut ini adalah langkah-langkah implementasi secara langsung dari rumus formula Microsoft excel menjumlahkan data dua kategori:
  • Buka software program aplikasi Microsoft excel.
  • Buatlah dokumen microsoft excel baru dengn cara : File > New > Blank Workbook
  • Buatlah tabel microsoft excel dengan tiga kolom yang berisi dua kategori (pada contoh ini adalah kategori jenis kelamin dan kelas). Isi data pada tabel tersebut seperti terlihat pada simulasi contoh. (Berisi 25 data yang tersusun acak)
  • Buatlah tabel dengan nama tabel "rekapitulasi data" di samping dari tabel data by name, sudah termasuk.
  • Masukkan rumus formula excel =COUNTIFS pada tabel "rekapitulasi data" pada kolom I7 dan kolom yang lain sesuai dengan kategori, pada contoh ini Rumus untuk kolom I7 adalah menggunakan rumus =COUNTIFS(C5:C29,"L",D5:D29,"7").
Rumus formula excel ini bertujuan akan menjumlahkan semua siswa laki-laki yang duduk di kelas 7. 
Untuk lebih jelasnya, anda dapat mendownload contoh sample data menjumlahkan data dua kategori berbeda pada link ini.


Rekapitulasi jumlah data pada contoh di atas, akan berubah dengan dinamis ketika data utama di ubah. Sehingga ketika data dalam jumlah banyak, kita tidak perlu menjumlahkan data yang jumlahnya banyak dan lebih dari satu kategori secara manual. Anda hanya tinggal memodifikasi rumus pada range_criteria1, rang_criteria2, dst yaitu range dimana data berada dan yang akan dijumlahkan.

Posting Komentar untuk "Rumus Excel Menjumlahkan Data Dua Kategori"