Merubah Huruf Balok Menjadi Kapital

Berbicara tetangan penulisan huruf kapital dan balok, atau dalam istilahnya adalah lower case, upper case, proper case, sangat erat kaitanyya dengan para pekerja yang bergerak dalam bidang administrasi dan perkantoran umumnya adalah para operator komputer yang setiap harinya berurusan dengan file-file dokumen untuk kepentingan tata administrasi dan manajemen. Untuk kegiatan ini, kecepatan dan ketepatan informasi serta data menjadi sangat berarti dan bernilai dalam sebuah administrasi yang handal dan bisa memuaskan semua pihak. 

Berkaitan dengan judul pada artikel ini, ada beberapa pihak terkait baik internal maupun eksternal atau sering disebut stake holder yang menghendaki tata aturan tertentu dalam penulisan kata maupun huruf untuk kepentingan database dan atau informasi yang mereka perlukan. Ada yang meminta penulisan secara kapital dan ada juga yang meminta penulisan kata dengan menggunakan huruf balok. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini akan kami paparkan tips dan cara mudah dalam merubah kata atau kalimat dari yang beraturan balok menjadi kata atau kalimat dengan aturan penulisan huruf kapital dan atau sebaliknya pada microsoft office Word dan Microsoft Office Excel. 

Untuk memperjelas pemahaman tentang huruf kapital dan balok adalah secara singkat, padat dan jelas penjelasannya adalah sebagai berikut : 
  • Penulisan kata atau kalimat dengan aturan penulisan huruf balok adalah penulisan kata atau kalimat dimana semua hurufnya adalah menggunakan huruf besar. Contoh ANDI SETIYADI
  • Sedangkan kata atau kalimat dengan aturan penulisan huruf kapital adalah penulisan kata atau kalimat dimana hanya pada huruf awal saja dari sebuah kata yang menggunakan huruf besar dan kemudian diikuti huruf kecil. Contoh : Andi Setiyadi 
Setelah mengenal dan mempunyai pemahana yang sama, mari kita lanjutkan pada trik merubah aturan penulisan dari huruf balok ke huruf kapital dan atau sebaliknya pada microsoft Word dan Microsoft Excel. 

Jika ada menggunakan Microsoft Word : lakukan instruksi sebagai berikut : 
  • Buka file yang berisi tulisan yang ingin anda ubah. 
  • Kemudian pilih kata atau kalimat yang ingin anda ubah dengan memblock kata atau kalimat tersebut, misalnya :ANDI SETIYADI 
  • Setelah anda block kata atau kalimat yang ingin anda ubah, kemudian tekan 2 kali tombol Shift + F3 secara bersamaan 
  • Ketika anda menekan tombol secara beersaman satu kali tekan maka huruf akan berubah menjadi kecil semua, dan ketika menekan yang kedua kali makan huruf akan berubah hanya huruf awal dari suatu kata yang akan menjadi huruf besar dan berikutnya diikuti dengan huruf kecil. 
  • Jika anda melakukan instruksi dengan benar maka kata yang anda block akan berubah menjadi ; Andi Setiyadi 
  • Demikian juga jika anda ingin menjadikan pengaturan huruf kapital menjadi huruf balok, langkah-langkahnya adalah sama seperti di atas. 
Jika anda menggunakan Microsoft Excel, lakukan instruksi sebagai berikut : 
  • Buka program excel dan buka juga file yang ingin anda rubah pengaturan font-nya. 
  • Diasumsikan ini adalah file yang anda buka, yang berisi data nama-nama karyawan yang pengaturan penulisannya adalah huruf balok, yaitu sebagai berikut :
Jika anda ingin merubah semua huruf balok pada kata atau kalimat sehingga penulisannya menjadi kapital maka anda dapat menggunakan rumus =proper(kolom/baris yang akan di atur penulisannya), misalnya pada tabel di atas : ingin merubah tulisan pada kolom B menjadi huruf kapital maka ketikkan rumusnya pada kolom kosong (saya gunakan kolom D) =proper(B2), sehingga tulisannya berubah menjadi kapital lihat hasilnya pada kolom D pada gambar di bawah ini pada akhir paragraf. 

Rumus pada excel : merubah dari balok ke kapital =proper(kolom text berada) 

Rumus merubah penulisan kecil jadi besar semua (balok) =upper(kolom text berada) 

Rumus merubah penulisan balok atau kapital menjadi kecil semua =lower(kolom text berada) 

Apabila kata atau kalimat yang ingin anda rubah dalam jumlah banyak dan berkolom-kolom, anda dapat melakukan drag rumus yang sudah jadi pada kolom sebelumnya dan menempatkannya pada semua-semua kolom-kolom yang ingin anda rubah. Untuk lebih jelasnya ilustrasi silahkan amati tabel yang sudah jadi berikut ini: 

Posting Komentar untuk "Merubah Huruf Balok Menjadi Kapital"