Membuat Backup Hard Disk untuk Program

Apakah anda mempunyai software-software atau perangkat lunak yang sangat penting dan berharga bagi anda ataupun kantor? Maka, rekomendasi terbaik untuk anda adalah dengan membuat backup sistem dan progam yang terinstall pada komputer ke dalam Hard Disk external. Dengan demikian, cara ini akan memberikan anda ketenangan apabila komputer anda rusak bahkan ketika hard disk komputer anda rusak. Dengan membuat backup untuk perangkat lunak atau program yang terinstall pada komputer ke dalam hard disk cadangan, anda dapat mengembalikan lagi program perangkat lunak kembali seperti semula pada hard disk yang sistemnya rusak atau mengembalikan program komputer yang rusak ke komputer yang berbeda untuk membuat sistem dan program yang sama seperti pada komputer semula. 

Sistem operasi Windows sudah menyediakan program bantu atau utility program yang dapat membantu pengguna windows dalam membuat data backup untuk membuat cadangan data yang mungkin diperlukan untuk membuat backup pada data atau program yang ada pada komputer. Namun, alangkah amannya lagi dan lebih ideal untuk membuat Backup pada hard disk eksternal untuk membuat backup semua informasi dan program-program yang ada pada komputer. 

Berikut ini adalah cara dan langkah-langkah membuat backup untuk program yang ada pada komputer dengan menggunakan program utility yang ada pada windows. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 
  • Pertama, terlebih dahulu yang perlu anda siapkan adalah hard disk eksternal dengan menggunakan koneksi USB Port 
  • Masukkan kabel dari hard drive eksternal ke salah satu port USB di komputer yang sistemnya akan anda backup pada hard disk eksternal. 
  • Klik "Start" dan buka "Control Panel". Kemudian Klik tombol " System And Maintenance " dari pilihan yang ada kemudian pilihlah dan klik " Backup And Restore Center " 
  • Klik tombol "Setup Backup" link yang ada dalam jendela Backup Dan Restore yang terbuka. 
  • Klik "Hard Drive Eksternal" masuk dalam dialog pemilihan yang muncul dan klik tombol "Next." Klik tombol " Let Me Choose " pilihan yang ada di jendela yang terbuka yang menampilkan jendela pilihan untuk berbagai program yang terinstall dan file-file yang ada pada hard drive anda . 
  • Klik kotak berikutnya yang mengarah pada program perangkat lunak yang ingin anda backup dan kemudian klik "Next." Klik " Save settings and run backup" pada jendela konfirmasi yang muncul untuk mulai membuat disk backup/cadangan. Tunggu hingga proses membuat backup untuk program selesai sebelum anda mencabut kabel usb hard disk eksternal tempat backup program 
  • Setelah proses selesai, cabut kabel usb hard disk eksternal dan simpanlah pada tempat yang aman untuk sewaktu-waktu bisa anda gunakan apabila komputer anda mengalami crassh atau kerusakan.

Posting Komentar untuk "Membuat Backup Hard Disk untuk Program"