Menginstall OS Pada Hard disk dengan Bad Sector

Bad sector adalah suatu kondisi dimana harddisk mengalami kerusakan pada sektor pada harddisk. Bad sector pada harddisk bisa terjadi pada sektor awal, sektor tengah ataupun sektor akhir dari sebuah harddisk. Dari hasil pengalaman, gejala-gejala dan tanda-tanda terjadinya kerusakan sektor (bad sector) pada harddisk antara lain: 
  • Blue Screen (layar biru pada komputer) ketika gagal dalam proses instalasi sistem operasi (windows/Linux) pada partisi harddisk yang ada bad sector (kerusakan sektor) di dalamnya. 
  • Terkadang harddisk tidak terdeteksi setelah mengalami kegagalan menginstall sistem operasi (kejadian pada nomer 1) 
  • Loading sistem operasi yang lama/berat karena kesulitan pembacaan/mounting pada hard disk dengan bad sector. 
  • Tidak dapat mengcopy/transfer file atau data pada harddisk/partisi harddisk yang mengalami kerusakan sektor (bad sector) 
Kembali pada topik utama yaitu cara install sistem operasi (windows/Linux) pada harddisk yang mengalami kerusakan sektor. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan, antara lain:
 
Identifikasi dan cari tahu dimana letak kerusakan sektor (bad sector) (Apakah pada awal sektor, tengah sector atau akhir sektor) Cara mencari tahu letak kerusakan sektor yang terjadi: 
  • Fasilitas Scan Disk windows 
  • Fasilitas hiren Boot CD 
  • Fasilitas Boot disk 
Setelah anda mengetahui dimana bad sector teradi,lakukan partisi harddisk (pembagian harddisk) menjadi dua atau tida partisi (jangan membuat partisi pada bagian yang mengalami bad sector dan biarkan bagian tersebut pada status unalocated. 
 
Setelah anda selesai mempartisi harddisk dan membiarkan bagian bad sector tetap pada status unalocated, langkah selanjutnya adalah menginstall sistem operasi (windows/linux) pada partisi harddisk yang sehat (tanpa bad sector) 
 
Masukkan CD master Sistem operasi (operating system) yang ingin anda install dan lakukan instalasi sistem operasi tersebut pada partisi hard disk yang tidak ada bad sector. Selamat mencoba dan sukses

1 komentar untuk "Menginstall OS Pada Hard disk dengan Bad Sector"

  1. Saya jg punya hdd 500gb tp bad di awal skitar 20gb sudah saya pisahkan partisi bad nya tp tetap saja saya ga bisa instal OS di partisi yg sehat alias ga bad. Nah minta bantuannya bang....5F37FAFC bbm aku

    BalasHapus