Cara Menampilkan Toolbar Rata Kanan Kiri Excel

Pada bahasan sebelumnya telah dipaparkan tentang cara membuat text atau kalimat paragraf pada kolom excel menjadi rata kanan dan rata kiri atau justify. Pada kali ini akan memaparkan cara menampilkan jendela toolbar Alignment Justify untuk perataan text, kalimat pada kolom excel menjadi rata kanan dan rata kiri (justify). 

Untuk dapat menampilkan atau memunculkan toolbar perataan text rata kanan dan rata kiri pada Microsoft Office Excel, anda dapat melakukan pengaturan penyesuaian pada Ribbon (pada Office 2010 ke atas). Dalam bahasa inggris penyesuaian pada Ribbon ini dikenal dengan istilah Customize Ribbon. 

Langsung saja untuk melakukan pengaturan pada ribbon dengan tujuan memunculkan dan menampilkan toolbar untuk perataan text kolom pada kolom excel menjadi rata kanan dan rata kiri atau dikenal alignment justify lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Bukalah program aplikasi Microsoft Office Excel anda
  2. Setelah terbuka, klik urutan berikut ini : File > Options. Dengan segera muncul jendela Options
  3. Pilih dan klik pada tombol Customize Ribbon
  4. Pada kotak pilihan Choose commands from (ada di bagian tengah). Klik anak panah ke bawah dan pilih All commands. 
  5. Cari dan pilih perintah atau command Justify. 

Sebelum klik tombol Add yang berada paling tengah-untuk menambahkan command button/tombol perintah terpilih, lakukan langkah berikut untuk meletakkan tombol perintah Justify pada Main Tabs yang sudah tersedia. 
  1. Pada kotak pilihan Customise the Ribbon (terletak dibagian paling kanan), pastikan sudah terpilih Main Tabs
  2. Klik tombol New Group
  3. Rename New Group yang baru anda buat (pada contoh nama group baru yang dibuat adalah Justify)
  4. Posisikan New Group yang baru anda buat berada atau paling dekat dengan Tab Alignment sehingga memudahkan anda dalam mencarinya.
  5. Setelah New Group terbuat
  6. Klik tombol Add >>
  7. Terkahir jangan lupa klik OK. 



Setelah anda mengklik OK, maka tombol perintah baru yaitu perintah perataan text rata kanan dan rata kiri (Justify) pada Toolbar Menu secara otomatis akan ditambahkan. Untuk lebih detail dan jelasnya lihatlah gambar di bawah ini.

Dengan tombol perintah aligment justify ini, maka anda akan dapat dengan mudah mengatur perataan text menjadi rata kanan dan rata kiri (alignment justify) pada MIcrosoft Office Excel dengan mudah dan cepat hanya dengan mengklik tombol perintah tersebut. Selamat bekerja dengan tombol perintah alignment justify.

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan Toolbar Rata Kanan Kiri Excel"