Rumus Excel Usia, Umur Otomatis Bahasa Indonesia

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang memudahkan kita dalam melakukan pengolahan data statistik sederhana seprti mengolah usia atau umur seseorang secara otomatis. Untuk melakukan pekerjaan mengolah umur secara otomatis ini Microsoft Excel memberikan kemudahan dengan cara membuat rumus untuk menghitung umur atau usia dari seseorang. Berikut ini adalah contoh dokumen Microsoft Excel yang berisi tentang Rumus menghitung usia secara otomatis pada Microsoft Excel dengan sistem date berbahasa Indonesia.

Untuk membuat rumus perhitungan usia otomatis pada Microsoft Excel, hal-hal yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut :
  • Pengaturan Clock, Language, and Region menggunakan setting bahasa Indonesia
  • Data tanggal lahir
  • Rumus Excel untuk menghitung usia secara otomatis menggunakan data tanggal lahir.

Berikut adalah langkah-langkah membuat Rumus Usia Otomatis :

Setting Clock, Language, and Region menjadi bahasa Indonesia

Buka Control Panel > Clock, Language, and Region > Region > pada Tab Format dan Location pilih Indonesia. Lihat pada gambar untuk lebih jelasnya.


Membuat dokumen Excel berupa beberapa data data tanggal Lahir pada Microsoft Excel yang meliputi Nomer, Nama dan tanggal Lahir

Buatlah beberapa Data misalnya data Karyawan pada Microsoft Excel yang meliputi data No, Nama dan Tanggal Lahir. Yang menjadi catatan dalam penulisan data tanggal untuk rumus umur-usia otomatis dengan setting bahasa Indonesia pada komputer adalah pada penulisan tanggal menggunakan format DD/MM/YYYY. Seperti tampak pada gambar di bawah ini :


Membuat Rumus Umur secara Otomatis terisi pada kolom Usia/Umur
  • Buatlah Sebuah Kolom Usia pada sebelah kolom tanggal lahir.
  • Buatlah Rumus Usia Otomatis dengan Rumus sebagai berikut :
=DATEDIF(I2;TODAY();"y")

Keterangan : 

  • I2 adalah kolom yang berisi data tanggal lahir
  • Today artinya adalah tanggal hari ini
  • Y = Tahun. Umur akan dikonversi dalam Tahun.

Untuk lebih praktisnya, silahkan download contoh dokumen Microsoft Excel dengan rumus usia atau umur otomatis untuk menghitung usia. 

Demikian, cara membuat rumus usia otomatis untuk menghitung usia atau umur seseorang secara otomatis pada Microsoft Excel. Selamat bekerja dengan rumus menghitung usia otomatis.

Posting Komentar untuk "Rumus Excel Usia, Umur Otomatis Bahasa Indonesia"