Notebook HP mini 110-3014tu Tidak Menyala

Bagi anda yang mempunyai Notebook merek Hp mini 110-3014tu, pernahkah anda mengalami Notebook anda tidak bisa dinyalakan atau tidak bisa hidup ketika tombol power sudah anda pencet atau tekan. Ada apa dengan Notebook Hp mini 110-3014tu tersebut?. Bagaimana cara mengatasinya?

Pada kejadian beberapa hari yang lalu, saya menjumpai pada notebook Hp mini 110-3014tu ketika dinyalakan notebook tidak bereaksi apapun. Hanya ada reaksi lampu led pada tombol power menyala sebentar dan kemudian Led tombol power mati dalam beberapa detik dan notebook tidak terdapat tanda-tanda kehidupan alias notebook tetap mati.

Setelah itu kemudian saya melakukan beberapa test untuk mengidentifikasi masalah notebook Hp mini 110-3014tu tidak menyala. Beberapa hal yang saya lakukan antara lain :

  • Melihat dan mengecek kondisi baterai apakah masih penuh atau kosong. Ternyata baterai dalam keadaan penuh. Jadi pada kondisi ini tidak ada masalah pada baterai alias baterai tidak lowbat.
  • Test kedua adalah mengecek apakah baterai dapat terisi ketika di cas. Test yang saya lakukan adalah baterai dapat terisi ketika di cas. Berarti tidak ada masalah pada sambungan power baterai ke perangkat motherboard, CPU dan perangkat lain dari notebook.
  • Test ketiga adalah dengan melepas baterai dan megnhidupkan laptop tanpa baterai. Ternyata hasilnya adalah notebook Hp mini 110-3014tu menunjukkan tanda seperti gejala awal yaitu ketika tombol power dipencet hanya muncul nyala lampu led power dan notebook tetap tidak menyala.
  • Test yang ke empat adalah dengan membuka casing notebook dan melepas baterai cmos dan memasangnya kembali. Hasil dari test setelah baterai cmos dilepas dan dipasang kembali adalah akhirnya notebook Hp mini 110-3014tu dapat menyala dengan normal.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa, untuk mengatasi masalah notebook Hp mini 110-3014tu yang tidak menyala/hidup ketika tombol power dipencet adalah dengan melepas baterai cmos dan memasngnya kembali. Dengan catatan bahwa anda sudah melakukan beberapa test tersebut di atas dan test menunjukkan hasil yang serupa.

Demikian cara mengatasi masalah laptop notebook Hp mini 110-3014tu yang tidak menyala atau tidak hidup ketika tombol power sudah dinyalakan.

5 komentar untuk "Notebook HP mini 110-3014tu Tidak Menyala"

  1. terima kasih tipsnya sangat membantu..

    BalasHapus
  2. tanks bos bisa bermanfa'at . q sukses tanks

    BalasHapus
  3. saya juga mengalami kendala yang sama hanya tombol power nya sajah yang menyala tapi layar mati tital , kejadian karna kemarin saya habis dwnlod visio setelah 10 menit sukses notebook saya langsung mati seperi di atas , mohon info apakah masih bisa di hidupkan dengan cara di atas ?

    BalasHapus
  4. Saya juga mengalamai kendala yang sama seperti diatas ,
    tapi kejadian kmrin itu karna saya habis dwnlod visio setelah 10 menit muncul layar biru dengan tulisan kalo hardisk makin berkurang dan blabla . mohon info ada kemungkinan tidak untuk cara di atas, maksud casing casing yang paling bawah ya ka , mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah laptop masih bisa menyala?...apakah muncul layar biru atau blue screen?...Jika muncul layar biru blue screen kemungkinan terjadi kerusakan pada hard disk atau hard disk mengalami bad sector atau kerusakan sektor.

      Hapus