Mengenal Fungsi Kelompok Font Microsoft Word

Pada menu utama atau Home dari Microsoft Office word terdapat toolbar menu kelompok font yang fungsi utamanya adalah pengaturan text, huruf atau font yang digunakan pada dokumen word yang anda buat. Di dalam toolbar menu kelompok font tersebut terdapat kumpulan ikon-ikon yang membantu anda bekerja lebih cepat dalam mengatur font atau huruf atau text yang anda gunakan. Berikut ini adalah penjelasan fungsi atau kegunaan dari masing-masing ikon yang ada pada kelompok font dari mmicrosoft office word.

Pada kesempatan kali ini adalah tampilan kelompok font menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft office word 2007. Ikon-ikon yang ada pada kelompok font pada aplikasi Microsoft word [kali nini pada office 2007] seperti terlihat pada gambar di bawah ini :


Apa saja fungsi dan kegunaan dari masing-msaing ikon pada tab kelompok font pada gambar di atas?

Tujuan dari pemaparan beikut ini tentang fungsi dan kegunaan dari masing-nasing ikon pada kelompok toolbar font adalah agar bias mengoperasikan dengan maksimal fungsi-fungsi dan kegunaannya sehingga anda dapat bekerja dengan lebih professional, cepat dan memanfaatkan fungsi dalam pengaturan font dengan sempurna.

Fungsi dan kegunaan dari ikon-ikon pada kelompok Font dapat and abaca pada penjelasan di bawah  ini.
  • Font : jika anda mengarahkan kursor anda pada ikon ini, maka berarti anda akan memilih jenis huruf atau font yang ingin anda gunakan pada dokumen ketikan anda. Umumnya huruf yang standar digunakan pada pengetikan adalah huruf atau font times new roman atau arial.
  • Font size : adalah ikon untuk pengaturan ukuran besarnya huruf stsu font yang digunakan pada pengetikan. Standar ukuran font yang umumnya digunakan adalah untuk jenis font times new roman adalah unutk judul 14 s/d 16 dan untuk text dalam paragraph adalah berukuran 12. Untuk jenis font arial, untuk judul umumnya adalah berukuran 12-14 dan untuk text dalam paragraph adalah berukuran 10-11.
  • Bold ; fungsi ikon ini adalah bertujuan untuk membuat huruf dicetak tebal. Praktek penggunaannya adalah lakukan seleksi pada huruf atau text yang akan anda buat tebal, setelah text anda seleksi kemudian klik ikon Bold.
  • Italic : fungsi dari ikon ini adalah untuk membuat tulisan yang kita pilih menjadi tercetal miring.
  • Underline : berfungsi untuk membuat tulisan yang kita pilih menjadi bergaris bawah.
  • Strikethrough : fungsi ikon ini akan membuat efek pada text atau tulisan yang kita pilih bertanda garis tercoret. Bias any digunakan untuk menandai suatu pilihan yang tidak terpilih cukup dicoret.
  • Subscript : ikon kelompok font yang ini akan berfungsi membuat tulisan mempunyai efek agak ke bawah dan lebih kecil.
  • Superscript : ikon ini mempunyai yang bertolak belakang dengan fungsi ikon subscript. Yaitu membuat efek tulisan menjadi agak ke atas dan terlihat lebih kecil. Seperti untuk menulis huruf angka dalam lambang dalam matematika seperti persegi, kuadrat, kubik, dll
  • Cange case ; ikon ini berfungsi untuk mengatur merubah huruf besar menjadi kecil dan atau sebaliknya.
  • Text Highlight Color : Fungsi ikon ini adalah untuk memerikan warna yang berupa arsiran pada text, kalimat atau paragraph yang kita pilih supaya lebih terlihat berbeda dan mencolok dari yang lainnya.
  • Font Color : ikon ini mempunyai fungsi memberi warna pada huruf yang digunakan. Misalnya huruf akan berwarna merah, hijau, kuning dan yang lainnya sesuai pemiluhan warna yang kita pilih.
  • Grow Font : fungsi ikon ini adalah akan memberbesar huruf yang digunakan.
  • Shrink Font : berfungsi sebaliknya dari fungsi Grow Font yaitu berfungsi untuk mengecilkan huruf atau font yang digunakan.
  • Clear Formating : ikon ini berguna untuk menghapus format atau pengaturan yang ada pada obyek yang anda pilih.
  • Font : jika anda mengklik ikon font ini maka akan menampilkan jendela kotak pengaturan font atau huruf yang digunakan.
Itulah fungsi-fungsi pada menu home toolbar kelompok font yang digunakan untuk pengaturan atau memformat font atau huuruf yang digunakan pada ketikan dokumen microsoft word sehingga dengan demikian kita akan lebih bisa mengaplikasikannya dalam pengetikan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Kelompok Font Microsoft Word"