Cara Menambah RAM Untuk Mempercepat Komputer Desktop

Ketika kita membeli komputer baru, tentu di dalamnya sudah terpasang RAM [random access memory] yang jika kapasitasnya besar dapat mempercepat kinerja komputer sehingga lebih cepat. Ram atau memori komputer merupakan bagian komponen komputer yang berfungsi untuk menjalankan sistem operasi dan semua perangkat lunak atau software atau program-program yang terinstall pada komputer.

Seiring dengan berjalannya waktu,bertambahnya program atau software yang anda install, bertambah banyaknya data dalam media penyimpanan hard disk, hal ini akan menjadikan komputer anda mulai berjalan lambat karena banyaknya informasi yang harus diingat dan dijanlankan oleh RAM.  Jumlah RAM yang dibutuhkan sebuah komputer akan tergantung pada sistem operasi yang digunakan, banyak dan besarnya aplikasi software yang harus dijalankan pada satu waktu. Misalnya kapasitas RAM pada komputer yang minim untuk menjalankan sistem operasi dan program-program yang banyak secara sekaligus maka komputer akan berjalan lambat.

Bagaimana mengatasi atau solusi masalah di atas?

Cara mengatasi komputer yang lambat karena memang RAM yang terpasang atau terinstall kurang pada komputer desktop adalah dengan cara menambah atau menginstall RAM ke dalam komputer desktop.

Menginstal memori pada komputer dekstop sangat mudah, cepat dan bisa anda lakukan sendiri tanpa harus dibawa ke tempat service komputer. Anda hanya perlu meluangkan waktu sejenak untuk memasang RAM tambahan dan menginstallnya pad akomputer desktop anda. 

Langkah-langkah menginstall atau menambah RAM baru pada komputer desktop.

Untuk langkah pertama adalah buka casing komputer anda, lihat dan perhatikan jenis dari RAM yang terpasang pada komputer dekstop anda. Setelah itu, belilah RAM atau memori baru yang sesuai dengan jenis dan tipe RAM yang terpasang pada komputer desktop anda. 

Setelah anda membeli RAM komputer desktop yang tepat maka bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya anda siap untuk memasang RAM yang baru. 

Ikuti langkah-langkah berikut unutk menambah RAM baru pada komputer desktop :
  • Langkah pertama adalah matikan komputer anda dan cabut kabel power dari aliran listrik untuk memastikan anda aman bekerja dan terhindar dari setrum listrik
  • Sipkan tempat kerja yang aman dan cukup pencahayaan sehingga anda bisa bekerja dalam ruangan yang cukup dan terang sehingga anda dapat memperhatikan dan mengamati setiap bagian atau komponen dari komputer yang ada dalam casing dengan menyenangkan.
  • Pelajari setiap komponen yang anda pada komputer anda dan temukan komponen komputer yang ingin anda tambahkan yaitu bagian tempat Socket RAM yang ada pada motherboard .
  • Jika clip pengunci pada socket RAM belum terbuka, maka bukalah clip pengunci RAM dengan cara menarik clip pengunci pada socket RAM ke arah luar dari posisi RAM. Perhatikan dengan seksama bahwa ada dua clip pengunci RAM yang terletak pada masing-masing ujung dari RAM. Tarik kedua clip tersebut satu persatu ke arah luar sehingga pengunci RAM akan terbuka.
  • Setelah kedua clip pengunci terbuka, langkah berikutnya adalah memasang RAM baru untuk ditambahkan. 
  • Buka pelindung atau plastik pada RAM yang baru. Pasang RAM baru dengan cara memasukkan RAM pada socket tempat RAM yang ada di motherboard. Pada langkah ini yang perlu anda perhatikan adalah memastikan bahwa Kaki-kaki RAM yang ingin anda masukkan sudah sesuai atau tepat pada tempatnya. Perhatikan juga panjang tempat kaki-kaki RAM sehingga anda tidak akan merusak RAm dan RAM terpasang dengan benar. Gambar seperti terlihat pada gambar di atas.
  • Setelah RAM terpasang dengan benar, pasang kembali casing komputer desktop anda.
  • Setelah semua periperal terpasang, hidupkan komputer anda untuk mengecek apakah RAM yang anda pasang sudah terinstall. Hal ini ditunjukkan dengan adanya tambahan RAM yang terpasang pada saat anda masuk ke menu BIOS. Atau anda dapat mengecek adanya tambahan RAM pada properties dari komputer anda ketika komputer anda menyala.
Jika anda memasang RAM dengan benar, maka komputer anda akan berjalan dengan lebih cepat dan anda siap menikmati kecepatan kinerja komputer desktop anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah RAM Untuk Mempercepat Komputer Desktop"