Cara Menambah RAM Laptop untuk Mempercepat Laptop

Laptop anda adalah partner kerja anda yang cepat tersedia karena dimanapun anda bisa menggunakannya. Mempercepat kinerja laptop dapat anda lakukan dengan menambah RAM pada laptop anda sehingga dapat mempercepat kinerja laptop anda.

Menginstal atau dengan sebutan awam menambah memori atau RAM pada laptop sebenarnya dapat anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membawanya ke tukang service laptop atau komputer. Anda hanya perlu meluangkan waktu sejenak dan menyiapkan RAM tambahan untuk di install atau ditambahkan pada laptop anda.

Yang perlu anda perhatikan adalah bahwa terkadang ada laptop yang hanya menyediakan socket RAM cuma satu sehingga anda tidak dapat menambahkan RAM ke dalamnya. Pada kondisi seperti ini yang bisa anda lakukan adalah mengupgrade RAM tersebut dengan RAM baru yang lebih besar kapasitasnya. Misalnya awal mula RAM yang terinstall adalah 1 GB, maka anda dapat mengupgradenya dengan RAM yang lebih besar misalnya 2 Gb, 4 GB dan seterusnya jika memang RAM tersedia di pasaran dan cocok atau mendukung sesuai dengan jenis laptop anda.

Langkah pertama menambah RAM pada laptop adalah membeli RAM baru yang sesuai dengan jenis laptop anda. Untuk memastikan hal ini adalah anda dapat menanyakannya kepada toko tempat anda membeli RAM baru dengan langsung menanyakan ke Toko spare part laptop dengan menyebutkan jenis dan seri laptop anda. Cara lainnya adalah anda membongkar laptop anda dan mencabut RAM dari socketnya untuk anda bawa ke toko yang menjual RAM laptop.

Setelah yakin dan sudah membeli RAM yang tepat, langkah selanjutnya adalah anda siap untuk membuka laptop anda dan memulai untuk menambahkan atau mengupgrade RAM laptop anda untuk tujuan mempercepat kinerja laptop.

Berikut adalah langkah-langkah menambah atau mengupgrade RAM pada laptop :
  • Matikan Laptop,cabut kabel power yang terhubung ke listrik dan cabut Battery laptop, biasanya terletak di bagian bawah pada laptop.
  • Cari letak atau lokasi bagian yang terdapat RAM. Beberapa model laptop atau jenis laptop berbeda-beda tempat atau letak RAM nya. Jika anda kesulitan menemukan bagian RAM, anda dapat membaca buku petunjuk atau buku panduan yang biasanya disertakan dan diberikan kepada anda ketika membeli laptop baru.
  • Setelah bagian RAM ketemu, siapkan obeng atau drei untuk membuka casing bagian Laptop yang terdapat RAM
  • Jika anda ingin mengupgrade RAM karena socket RAM cuma satu : Perhatikan dengan seksama terpasangnya RAM pada laptop anda, dan perhatikan dengan seksama bahwa pada umumnya RAM yang tertanam pada laptop terdapat dua buah clip di masing-masing ujungnya yang berfungsi menguatkan menancapnya RAM yang terhubung dengan motherboard. Tugas anda adalah membuka dua buah clip tersebut pada masing-masing ujungnya yang pada kebanyakan laptop dapat anda buka dengan menarik/mendorong ke samping kiri atau kanan clip tersebut. Setelah kedua clip terbuka, maka secara otomatis RAM akan berubah posisi dan kemudian anda siap mencabut dan mengganti RAM/menambahkan RAM baru yang tepat sesuai laptop anda.
  • Pasang RAM dengan hati-hati dan memperhatikan lubang pada kaki-kaki RAM pada modul RAM, pasang dengan tepat RAM [awaknya agak miring] kemudian tegakkan RAM yang anda pasang sehingga dua buah clip pada masing-masing ujung akan mengunci RAM yang terpasang.
  • RAM sudah terinstall dan kemudian pasang kembali casing yang anda buka.
  • Pasang kembali battery atau hubungkan laptop anda dengan listrik melalui kabel power laptop.
  • Pegang modul dan hati-hati angkat dan keluar dari soket.
Demikian cara menambah atau mengupgrade RAM pada laptop untuk mempercepat kinerja laptop yang dapat anda lakukan sendiri dengan mudah sehingga anda tidak perlu datang ke tempat service komputer atau laptop.

2 komentar untuk "Cara Menambah RAM Laptop untuk Mempercepat Laptop"

  1. jika di laptop sudah tertanam 1 gb merk a dan ingin menambah ram 2gb dengan merk yang lain apa bisa? sehingga menjadi 3gb, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada umumnya menggunakan RAM dengan tipe yang sejenis. Terkadang kapasitas yang berbeda dapat mengakibatkan ram yang satu tidak terdeteksi; Jadi hanya satu yang terdeteksi. Solusi terbaik adalah belilah RAM dengan tipe dan jenis yang sama serta kapasitas RAM yang sama pula

      Hapus