Acer Aspire AM1900 Langsung Nyala dan Mati

Pernahkah anda mengalami kejadian ketika komputer Acer Aspire AM1900 langsung menyala ketika kabel power anda tancapkan ke listrik tanpa menekan tombol power dan dalam beberapa detik komputer langsung mati. Dan ketika anda mencoba menghidupkan kembali dengan memencet tombol power, komputer tetap tidak mau menyala. Namun seetelah kabel power dicabut dan menunggu beberapa saat dan kabel power docolokkan lagi, langsung seketika komputer menyala dan beberapa detik mati lagi.

Komputer Acer Aspire AM1900 adalah komputer merek Acer yang mana spesifikasi pada komputer yang mengalami masalah dengan spesifikasi Processore Intel E5500, Ram 1 GB. Komputer ini memiliki casing yang bagus dengan tombol power CPU berada di atas. Tahukah anda bahwa dari tombol power inilah penyebab dari masalah komputer Acer Aspire AM1900 langsung menyala ketika kabel power dicolokkan listrik dan dalam beberapa detik langsung mati, ketika ditekan tombol power komputer tidak menyala atau tidak bereaksi apapun.

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Namun, alangkah bijak bagi anda untuk memastikan bahwa masalah tersebut adalah dikarenakan masalah pada tombol power dari Acer Aspire AM1900. Baiklah untuk mengetahui dan mendiagnosis dengan pasti penyebab masalah untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:
  • Cobalah anda cek untuk menghidupkan komputer anda dengan menggunakan power supply unit yang lain. Jika tanda dan gejalanya sama, maka ini adalah merupakan tanda dan gejala pertama yang dapat memastikan bahwa kerusakan ada pada tombol power dari komputer anda.
  • Buka sebagian casing komputer anda, cabut kabel yang digunakan oleh tombol power untuk menghidupkan komputer [pada komputer jenis Acer Aspire AM1900-satu paket-reset, power, hdd led, power led] . Kemudian gunakan kabel tombol power dari komputer lain atau dapat menggunkan obeng untuk menghidupkan komputer secara manual. Dengan  cara tersebut hidupkan komputer acer Acer Aspire AM1900, jika kipas processore anda berputar, terdapat bunyi tanda tit-tit [biasanya adalah bunyi tanda awal booting komputer], maka dapat dipastikan bawah telah terjadi kerusakan pada tombol power.
Kerusakan pada tombol power yang bagaimanakah? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Setelah beberapa menit hingga jam meneliti tanda dan gejala di atas dan melakukan beberapa eksperimen di atas, maka dapat disumpulkan bahwa tombol power pada komputer Acer Aspire AM1900 tertekan dan tidak kembali pada posisi awal. Sehingga hal ini menyebabkan komputer langsung menyela ketika kabel power dicolokka listrik dan dalam beberapa detik komputer mati.
Cara mengatasi masalah komputer acer langsung menyala dan mati dalam beberapa detik adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Buka semua tutup casing komputer Acer Aspire AM1900.
  • Bukalah satu set tombol power dari casing depan. Hati-hati untuk membukanya sehingga tombol power dapat terlepas dari casing bagian depan.
  • Angkatlah tombol power yang tertekan ke bawah dan tidak dapat kembali pada posisi awal.
  • Jika sudah yakin tombol power yang tertekan sudah terangkat, cobalah untuk menekan-nekan tombol tersebut sehingga muncul bunyi tik-tik ketika anda menekan tombol power tersebut. Dengan berbunyinya tombol tersebut, dapat dipastikan bahwa tombol yang tertekan dan tidak kembali sudah kembali normal.
  • Tes secara langsung dengan menghidupkan komputer anda [casing dalam keadaan terbuka]
  • Jika komputer dapat dihidupkan secara manual, berarti tombol sudah kembali normal.
  • Pasang tombol power kembali pada tempatnya dengan hati-hati agar tidak tertekan kembali
  • Pasang casing komputer.
Demikianlah solusi cara mengatasi komputer Acer Aspire AM1900 Langsung Nyala dan Mati dalam beberapa detik. Tips ini mungkin dapat digunakan apabila terdapat tanda dan gejala yang sejenis pada komputer anda.

Posting Komentar untuk "Acer Aspire AM1900 Langsung Nyala dan Mati"