Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 8

Operating system windows dapat berjalan secara normal ataupun bisa juga berjalan secara safe mode. Cara agar kita bisa masuk ke mode safe mode Windows dapat kita lakukan dengan beberapa cara. Pada kesempatan kali akan membahas cara masuk safe mode pada sistem operasi windows yang khusus pada Windows 8. Namun tips cara untuk masuk ke safe mode ini mungkin juga bisa anda aplikasikan pada sistem operasi Windows 7 dan sistem operasi Windows lainnya.

Ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh ketika menggunakan mode safe mode pada sistem operasi Windows. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah :
  • Ketika sistem anda tidak dapat berjalan secara normal, anda dapat mencoba menghidupkan komputer anda dengan menggunakan mode safe mode.
  • Sistem operasi yang berjalan secara safe mode relatif aman dari serangan virus. Sehingga pada kondisi ketika komputer anda tidak bisa berjalan secara karena serangan virus misalnya anda dapat mencoba untuk menghidupkan komputer anda secara safe mode untuk menyelematkan data-data penting yang mungkin tersimpan pada komputer anda.
Disamping terdapat beberpa kelebihan ketika kita menggunakan dan berjalan dengan sistem windows safe mode, ada juga kelemahan ketika kita menggunakan windows dengan mode safe mode. Salah satu kekurangannya adalah windows tidak bisa digunakan untuk jaringan. Baik jaringan secara lokal maupun jaringan internet.

Menuju bahasan pada topik utama yaitu cara masuk ke safe mode pada Windows 8 bisa anda lakukan dengan cara secabagi berikut :

Cara masuk ke safe mode pada Windows 8 Melalui Msconfig

Anda perlu membuka file Msconfig untuk pengaturan sistem dengan cara : menekan tombol pada keyboard shortcut gambar berlogo Windows dan Tombol R secara bersamaan, maka akan muncul jendela Run Command seperti tampak pada gambar di bawah ini. 
Pada jendela Run Command ketikkan msconfig, kemudian tekan OK atau tombol Enter pada keyboard. Sehingga akan muncuk jendela Msconfig untuk pengaturan sistem. Lihat gambar jendela msconfig seperti pada gambar di bawah ini

Pada jendela tersebut di atas, pilih tab menu yang berjudul Boot, kemudian lihat ke bawah dan beri tanda centang pada kotak yang bertuliskan Safe Boot. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Lihat Video cara masuk safe mode windows 8 di youtube

Cara kedua untuk masuk safe mode adalah dengan bantuan keyboard shortcut
Cara yang kedua ini umumnya dapat anda gunakan pada sistem operasi windows yang lainnya yaitu dengan cara :
Ketika anda menekan tombol power untuk menyalakan komputer anda, segera tekan tombol f5 atau f8 pada keyboard anda. Tombol untuk mengaktifkan sistem berjalan secara safe mode yaitu f5 atau f8 adalah tergantung dari BIOS yang digunakan oleh komputer.

Demikianlah beberapa cara masuk ke safe mode pada Windows 8.

Posting Komentar untuk "Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 8"