Contoh Amplop Surat dan Cara Membuatnya

Berikut ini adalah sebuah contoh amplop surat dan cara membuat amplop surat digital yang bisa anda cetak pada kertas amplop surat berukuran sedang 12 cm x 24 cm. Ukuran amplop surat tersebut biasanya umum digunakan untuk mengirim surat undangan, surat pemberitahuan, surat edaran dan lain sebagainya. 

Ada beberapa aspek yang biasanya ada dalam amplop surat yaitu kop surat biasanya adalah digunakan untuk sebuah organisasi ataupun perusahaan baik pemerintah maupun swasta, kemudian bagian nama atau identitas serta alamat dari tujuan surat dan nama atau identitas pengirim. Untuk membuat kop surat anda dapat membaca dan membuka pada artikel sebelumnya tentang cara membuat kop surat dinas sebuah organisasi.

Cara membuat amplop surat yang terdapat kop surat resmi/dinas sangatlah mudah. Untuk membuat ketikan amplop surat seperti keterangan di atas, anda dapat menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft word atau aplikasi pengolah kata yang lain seperti open office. 

Bagaimana detail cara membuat amplop surat? 

Langkah-langkah membuat ketikan amplop surat adalah sebagai berikut :
  • Bukalah aplikasi microsoft office word anda.
  • Lakukan setting ukuran kertas sehingga ukuran kertas adalah berukuran sama atau lebih besar sedikit dari ukuran amplop surat yang anda pilih. Dalam hal ini saya menggunakan ukuran amplop surat dengan ukuran 12 cm x 24 cm.
  • Lakukan setting ukuran kertas : Jika anda menggunakan microsft office 2007 ke atas untuk melakukan setting ukuran kertas adalah: buka menu utama Page Layout > Page Setup > Paper [buat ukuran kertas sehingga menjadi width = 25, height = 11 cm-untuk menyamakan dengan ukuran kertas amplop surat]. Atur dan sesuaikan juga batas margin kanan, kiri, atas dan bawah sesuai keinginan anda [Page Layout > Page Setup > Margin. Atur orientasi kertas menjadi Landscape pada pengaturan margin atau batas kertas.
  • Buatlah kop surat dinas atau kop surat sesuai dengan keinginan anda.
  • Tulis Nomer surat dan identitas tujuan yang biasanya meliputi nama, serta alamat tujuan dan identitas lainnya sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat menuliskannya pada halaman sebelah kiri atau kanan dari halaman kertas anda.
  • Tidak lupa juga tuliskan identitas dari pengirim seperti nama, alamat serta identiitas lainnya dari pengirim pada halaman kertas sebelah kanan atau kiri.
  • Setelah semua langkah di atas selesai, anda siap mencetak dokumen amplop surat digital pada kertas amplop surat ukuran sedang 12 cm x 24 cm.
Catatan : Apabila ukuran kertas amplop surat yang anda gunakan lebih besar atau lebih kecil, maka anda dapat melakukan pengturan ukuran kertas dan melakukan setting ulang pada ukuran kertas yang anda gunakan pada menu Page Layout > Page Setup > [margin, paper, layout]

Berikut ini adalah contoh amplop surat yang sudah jadi pada link donwload contoh amplop surat.

Posting Komentar untuk "Contoh Amplop Surat dan Cara Membuatnya"