Cara Ngeprint Dokumen pada Microsoft Office 2010

Cara ngeprint atau mencetak jika anda belum terbiasa dengan aplikasi yang anda gunakan tentunya akan menjadikan akan kebingungan. Berikut ini hanya sekedar share dan pengetahuan cara ngeprint atau mencetak dokumen pada microsoft office word 2010. Pada microsoft office word 2010 terdapat tampilan yang berbeda ketika kita melakukan perintah print/mencetak atau mudahnya adalah ketika ngeprint. Ketika kita melakukan perintah melalui menu utama File > Print atau mengunakan shortcut keyboard CTRL + P pada microsoft office 2010 akan muncul jendela untuk mencetak dokumen.

Ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih pada menu printing microsoft office word 2010. Menu ini bertujuan untuk melakukan pengaturan dalam mengeprint dokumen. Beberapa pengaturan utama yang perlu anda lakukan untuk mencetak dokumen menggunakan microsoft office 2010 antara lain adalah jenis printer yang digunakan untuk ngeprint, dan halaman pada dokumen yang akan di print dan beberapa pengaturan lain jika diperlukan.

Pada pengaturan jenis printer yang akan digunakan untuk ngeprint terdapat pada menu yang paling atas dan bertuliskan print dan gambar print. Di sini anda dapat melakukan pengaturan memilih jenis printer yang ada dan terhubung dengan komputer anda. Anda tinggal mengklik tombol yang menunjukkan anak panah ke bawah untuk memilih jenis printer yang terhubung dan terinstall pada komputer anda.


Pengaturan utama yang lain ketika kita menjalankan perintah ngeprint dokumen pada microsoft office 2010 adalah mengatur atau memilih halaman mana saja yang akan kita print. Pengaturan ini dapat anda lakukan pada menu di bawahnya yaitu menu Setting.

Pada menu setting terdapat 4 pilihan yaitu sebagai berikut :

Print All Pages

Jika anda memilih pilihan ini, maka semua halaman dari dokumen yang anda buka pada microsoft office 2010 akan di print semua halaman. Print All Page biasanya yang tampil pertama kali ketika anda melakukan perintah mencetak dokumen pada hampir semua versi microsoft word. Maka jika anda ingin mencetak halaman-halaman tertentu saja, dapat anda lakukan pengaturan cara mengeprint dengan pilihan setting nomer 2 atau 3 atau 4

Pilihan setting kedua adalah Print selection.

Print selection bertujuan melakukan print hanya pada halaman-halaman tertentu yang anda pilih dengan memblok tulisan-tulisan atau pada halaman tertentu. Perintah blok pada dapat anda lakukan dengan menggunakan perintah drag atau meletakkan kursor pada text pertama dan kemudian menekan shift dan tombol anak panah ke bawah, ke kanan, ke kiri atau ke atas pada keyboard sesuai dengan keinginan anda.

Print Current Page.

Perintah print current page bertujuan melakukan perintah print hanya pada halaman yang saat itu ditampilkan pada layar monitor anda.

Print custom range. Setting pada saat ngeprint jika memilih pilihan print custom adalah bertujuan melalukan print pada halaman dengan range/rentang tertentu. Misalnya anda hanya ingin mencetak halaman 1 s/d 2, maka anda dapat memasukkan pada kotak di bawahnya cukup dengan menuliskan angka 1-2 [ditengahnya diberi tanda -]. Jika anda hanya melakukan pencetakan pada halaman 2, 5 dan 7 saja, maka kotak isian dapat anda masukkan 2,5,7 [ditengahnya diberi tanda koma].

Setelah settingan selesai anda lakukan, kemudian anda tinggal mengklik tombol paling atas yang bergambar print. Maka dengan segera dokumen yang anda pilih untuk di print akan tercetak dengan printer yang anda pilih waktu melakukan setting untuk mencetak dokumen.


Demikianlah sedikit share cara ngeprint dokumen pada microsoft office word 2010.

Posting Komentar untuk "Cara Ngeprint Dokumen pada Microsoft Office 2010"