Cara Mencari dan Mengetahui Driver Komputer atau Laptop

Bagaimanakah cara mengetahui dan melihat driver komputer atau device yang ada pada komputer anda? Setiap perangkat keras [device] komputer atau laptop selalu memerlukan driver [device driver] atau perangkat lunak agar device atau perangkat keras tersebut dapat bekerja dan berfungsi secara maksimal. Anda berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk melihat dan sekaligus mencari, mendownload driver device perangkat keras komputer atau laptop anda dengan mudah dan cepat sehingga anda bisa mengetahui, mengenali, mendownload, mengupdate driver yang tepat bagi komputer anda.

Anda dapat mengetahui jenis dan tipe atau model dari perangkat keras anda dan kemudian dapat mengetahui, mendownload driver yang diperlukan untuk di install dengan beberapa cara sebagai berikut :
1. Melihat device secara langsung.
Adalah sebuah cara yang manual dan kurang efektif. Yaitu dengan melihat secara langsung menggunakan mata anda dan mengamati dari tulisan yang tertera pada perangkat keras tersebut.

Kelemahan cara ini adalah anda harus membuka casing komputer atau laptop. Cara ini juga kurang efektif dan memuaskan dan tidak bisa menjamin driver bisa langsung anda cari dan download di internet dengan mudah dan tepat, karena hasil pencarian dari mesin pencari tentang kata kunci yang  tertera pada device atau perangkat keras yang anda lihat secara langsung terkadang belum spesifik sehingga mengarah pada link download dari driver yang anda cari.
2. Menggunakan CD Driver Bawaan
Ketika anda membeli sebuah perangkat keras atau komputer atau laptop, pihak toko atau suplier dari perangkat keras tempat dimana anda membeli perangkat keras atau device komputer tersebut biasanya sudah menyertakan CD Driver [device driver] dari perangkat keras atau komputer atau laptop yang anda beli.

Dengan menggunakan CD Driver bawaan inilah anda bisa mengetahui jenis, tipe dan model dari perangkat keras serta drivernya yang dapat anda gunakan untuk menginstall ulang driver yang terhapus atau mencari driver terbaru untuk mengupdate driver lama yang sudah terinstall dengan menggunakan CD Driver yang biasanya akan berjalan secara otomatis dan ditampilan nama dan jenis driver serta versinya sehingga anda bisa mencari versi terbaru dari device driver yang anda ingin update.
3. Software pengenal, Pencari, pengupdate Device Driver
Cara yang ketiga ini adalah dengan cara menggunakan software atau program atau perangkat lunak yang mampu membaca, mengenali perangkat keras atau device, bahkan mengupdate ataupun melakukan backup dan restore driver dari perangkat keras atau hardware yang ada pada komputer atau laptop.

Software ini selalu berkembang yang mana disamping berfungsi mengenali jenis, tipe, model dari perangkat keras juga mampu menunjukkan jenis driver yang sudah terinstall dari perangkat keras tersebut beserta bversinya, menunjukkan driver-driver dari perangkat keras yang perlu di update, dan juga menyediakan feature dan fasilitas berupa link download dari masing-masing driver yang ditunjukkan dari hasil searching dalam proses mengenali dan mencari driver-driver dari perangkat keras yang ada pada komputer atau laptop.

Cara menggunakan software ini adalah anda hanya perlu menginstall program yang fungsinya untuk mengenali, mencari driver dan kemudian menggunakan menu-menu yang ada pada program sesuai kebutuhan anda.

Beberapa program untuk mengenali, mencari, menemukan, restore dan update driver yang sesuai dengan perangkat keras anda antara lain sebagai berikut :

Driver Magician
Software ini, memberikan fitur kepada pengguna yang meliputi mengenali /scan hardware device atau perangkat keras komputer, memberikan link download driver yang sesuai dengan perangkat keras, melakukan update driver, backup driver, restore driver, update katalog driver, meremove/menghapus software

Fungsinya hampir sama dengan  driver magician yaitu mampu mendeteksi device driver yang sesuai dan menyediakan driver-driver dari perangkat keras komputer, laptop dan perangkat keras terkait dengan komputer. Disamping itu juga mampu membackup dan restore driver komputer.
Menyediakan fasilitas untuk scan hardware atau perangkat keras komputer, mengenali hardware komputer, mencari dan menampilkan driver yang sesuai, backup driver, serta update driver dan juga menyediakan link-link download driver software dan driver update manual dari perangkat keras komputer maupun laptop.
Ada banyak sekali software driver scanner, driver updater, driver finder, driver detective yang tersedia saat ini. Anda dapat melakukan browsing dengan mesin pencari google dan mesin pencari lainnya untuk mencari dan menemukan software-software yang bisa anda gunakan untuk scanning atau mengenali perangkat keras, menyediakan update driver, download driver komputer maupun laptop serta restore driver dengan cepat, mudah, efektif dan efisien.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari dan Mengetahui Driver Komputer atau Laptop"