Fungsi Tombol Ukuran Jendela pada Microsoft Word

Setiap program atau aplikasi pastinya mempunyai jendela kerja, demikian juga microsoft Office Word dari Microsoft Corporation. Jendela kerja tersebut dapat diperbesar dan diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas tombol ukuran jendela. Pada Microsoft Word tombol untuk mengatur ukuran jendela terletak pada pojok kiri atas dari layar komputer anda atau terletak pada pojok kanan atas jendela utama microsoft Word jika anda sedang berhadapan dengan komputer atau laptop anda. Untuk lebih detailnya mengenai Tombol ukuran jendela pada microsoft word dapat anda lihat pada gambar di samping. 

Apa fungsi dari tombol ukuran jendela pada microsoft Word? 

Untuk mengetahui fungsi dari tombol jendela ukuran pada microsoft word, pada dasarnya adalah sama seperti fungsi tombol jendela pada aplikasi atau program atau software-software yang lain. Seperti terlihat pada gambar di atas, tombol ukuran jendela ini terdiri dari tombol Minimize, tombol Restore/maximize dan tombol Close. Pada gambar di atas, pada saat jendela microsoft office word dalam keadaan ukuran semula, maka tombol yang berada di tengah adalah akan aktif berupa tombol restore. Namun, ketika jendela microsoft office word dalam keadaan atau sudah dalam keadaan ukuran maksimal [panjang dan lebat memenuhi ukuran layar komputer], maka tombol yang di tengah adalah dalam keadaan tombol maximize. Lihat detailnya pada gambar di atas.

Setiap tombol pada tombol ukuran jendela microsoft word masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Fungsi dari tiap-tiap tombol tersebut yaitu sebagai berikut : 

Fungsi Tombol Minimize 

Anda tentunya sudah melihat bentuk tombol ini pada gambardi atas. Tombol ini adalah berguna untuk memberikan perintah untuk memperkecil ukuran jendela dari Microsoft Word sehingga jendela microsoft word akan mengecil dan menjadi sebuah tombol yang aktif pada taskbar yang ketika tombol ini di klik maka jendela microsoft word akan tampil pada layar monitor anda. 

Fungsi Tombol Restore 

Tombol restore pada jendela microsoft word berfungsi mengembalikan ukuran jendela kembali ke ukuran semula yaitu sebelum tombol restore ini aktif. 

Fungsi Tombol Maximize 

Fungsi tombol ini adalah untuk memksimalkan ukuran jendela dari program aplikasi microsoft word. Fungsi ini adalah merupakan fungsi yang berlawanan dari tombol ukuran jendela Minimize yang mana fungsi tombol ukuran jendela minimize adalah untuk memperkecil ukuran jendela. 

Fungsi tombol Close 

Dalam bahasa inggris arti dari kosa kata close adalah menutup. Jadi tombol close pada tombol ukuran jendela microsoft word mempunyai fungsi menutup jendela Microsoft Word. 

Demikian pemaparan sedikit tentang tombol ukuran jendela yang ada pada microsoft word. Tujuan dari sesi ini adalah memberikan pengenalan agar dalam penggunaan aplikasi pengolah kata microsoft word dapat berjalan dengan lancar dan bisa mengoperasikan dengan benar dan efektif dan efisien.

Posting Komentar untuk "Fungsi Tombol Ukuran Jendela pada Microsoft Word"