Cara Membuat dan Memilih Password Komputer yang Baik

Password merupakan komponen inti dan utama dalam keamanan khususnya ketika menggunakan dan bekerja dengan komputer baik secara online maupun bekerja dengan komputer secara offline. Dalam dunnia internet misalnya, entah password itu untuk anda gunakan pada e-mail atau layanan e-banking atau online banking, password yang baik harus mudah diingat dan sulit untuk diketahui oleh orang lain. Bagaimana cara untuk membuat dan memilih password yang baik? 

Berikut ini adalah cara membuat dan memilih password yang baik
  • Gunakanlah angka dan juga huruf dalam memilih dan membuat password. Jika memungkinkan, gunakan juga symbol-simbol seperti tanda bintang (*),atau tanda mata uang dolar ($) dan symbol-simbol lainnya sesuai keinginan anda. 
  • Jika password anda bersifat case-sensitive maka gunakanlah huruf secara acak huruf capital 
  • Gunakan sebanyak mungkin karakter, minimal 6 karakter memanfaatkan huruf jika password bersifat case-sensitive 
  • Pilih dan gunakan rangkaian atau deretan karakter yang memungkinkan anda mengetiknya tanpa harus melihat keyboard. 
  • Hindari untuk menggunakan password berupa nama pengguna/nama account anda, nama anda, nama-nama pribadi dari anggota keluarga, teman dekat, hari ulang tahun atau tanggal lahir anda atau hal-hal lain yang mungkin orang lain tahu tentang hal itu. 
  • Hindari menggunakan kata-kata yang sebenarnya dari bahasa apapun. Apabila ada seseorang yang ingin melakukan cracking pada password Anda, mereka dapat menjalankan kamus dari beberapa bahasa terhadap account Anda. Juga hindari ucapan popular/kata-kata populer dan seuah lambing atau jargon. Untuk kata password jelas kata-kata di atas sangat tidak dianjurkan. 
  • Yang perlu anda perhatikan juga adalah anda perlu menemukan cara yang mudah untuk mengingat password yang anda buat, dan jangan sampai anda menuliskan cara mudah mengingat password anda tersebut. 
  • Sebaiknya anda mengubah password yang anda buat setiap 3 sampai 6 bulan, khususnya jika akun Anda memberikan kepada anda layanan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia.
  • Jika Anda mempunyai beberapa account yang berbeda, maka sebaiknya anda membuat dan menggunakan password yang berbeda pula pada masing-masing account yang anda punya. Selama anda masih bisa mengingatnya. 
Demikian tips dan trik keamanan dalam membuat password untuk bekerja dengan komputer baik online maupun offline. Selamat bekerja

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Memilih Password Komputer yang Baik"