Kapan Harus Menginstal ulang Windows?

Kembali pada awal penggunaan sistem operasi seperti Windows 95 dan ME, menginstal ulang Windows memiliki banyak konotasi yang hampir sama artinya seperti musim semi membersihkan atau mengganti oli Anda. Itu adalah sesuatu yang Anda lakukan secara teratur untuk memastikan kinerja yang dapat diandalkan dari komputer Anda. 

Untungnya, Windows 7 dan Windows 8 adalah sistem operasi yang lebih stabil dan hal ini tidak lagi terjadi. Bagaimanapun juga tidak ada software yang sempurna, dan bahkan Windows 7 dan Windows 8 mungkin perlu diinstal ulang pada situasi-situasi tertentu. Mengetahui kapan sebaiknya menginstal ulang windows anda adalah sesuatu hal yang perlu dan penting - dan ketika Anda harus mencoba solusi-solusi cepat menginstal ulang Windows - akan menghemat banyak waktu dan energi.

Upgrade Komponen 

Hampir setiap komponen dalam komputer Anda dapat diganti tanpa Anda harus menginstal ulang sistem operasi. Pengecualian adalah hard drive utama, central processing unit (CPU) dan motherboard. Ada beberapa Software yang dapat digunakan untuk mengkloning drive utama , tetapi swapping drive untuk kloning mungkin memerlukan penyesuaian BIOS yang sedikit rumit, terutama jika drive swap yang digunakan berbeda ukuran atau mereknya. Hal yang sama berlaku untuk upgrade prosesor dan motherboard. Windows 7 registri dibangun sekitar perangkat keras yang ada, sehingga penyesuaian kembali registri untuk bekerja dengan BIOS baru dan prosesor yang lebih cepat membosankan dan rumit. Hal ini biasanya lebih baik untuk melakukan instal ulang bersih Windows untuk memastikan kompatibilitas dan fungsionalitasnya.

Upgrade Hardware/Perangkat Keras

Jika Anda telah memutuskan untuk melepas komputer lama Anda ke teman atau saudara, atau Anda ingin menjualnya, Anda harus memastikan bahwa tidak ada data pribadi Anda yang tertinggal pada hard drive. Menghapus data Anda memerlukan instal ulang bersih dari sistem operasi, di samping itu, hard disk harus dibersihkan sebelum Anda menginstal ulang Windows. Melakukan beberapa penghapusan pada drive, jika hanya satu penghapusan yang anda lakukan,maka tidak pernah cukup untuk menghapus semua data Anda. Ini adalah ide yang baik untuk menggunakan perangkat lunak disk shredder untuk menghapus setiap jejak data dari drive. Informasi tentang cara menghapus drive Anda dan melakukan instal ulang bersih dapat ditemukan di Internet. Windows 7 sangat mudah untuk diinstal pada hard drive kosong. Jika Anda meng-upgrade ke komputer baru, ini adalah kesempatan yang ideal untuk meng-upgrade dari versi lama dari Windows ke fungsi yang disempurnakan dari Windows 7 tanpa adanya kesulitan untuk meng-upgrade OS pada komputer yang ada.

Terserang/terkena tervirus 

Perangkat lunak keamanan terbaik tidak selalu 100 persen bekerja efektif. Jika PC Anda terinfeksi dengan malware yang mungkin lolos dari perangkat lunak keamanan Anda, kemungkinan bahwa Anda akan perlu menginstal ulang Windows. Sebelum Anda melakukan hal ini, coba gunakan fungsi System Restore untuk menghidupkan OS Anda kembali ke tanggal ketika computer anda berfungsi normal. Ini mungkin tidak mungkin karena beberapa virus menginfeksi bagian registri yang mengontrol Sistem opsi Restore Utility, dan malware aktif kembali setelah restore point diatur. Dalam hal ini, satu-satunya pilihan yang layak adalah untuk menghapus drive utama Anda dan menginstal ulang Windows.

Software Pihak Ketiga 

Aplikasi yang Sah atau aplikasi yang tidak terdaftar pada Windows sering menawarkan fitur menggoda yang sulit untuk dilewatkan. Beberapa aplikasi ini belum disetujui oleh Microsoft karena mereka tidak mematuhi pedoman tertentu atau ditulis sedemikian rupa untuk berpotensi mengganggu sistem operasi Windows. Ketika gangguan ini terjadi, pengguna mungkin merasa sulit atau tidak mungkin untuk mengembalikan Windows ke sebelumnya. Jika System Restore Utility telah berhenti bekerja, satu-satunya solusi adalah dengan menginstal ulang Windows. 

Overclocking 

Menjalankan CPU Anda pada kecepatan di atas yang direkomendasikan pabrik disebut "overclocking" dan dapat mendatangkan malapetaka pada sistem operasi Anda. Sistem driver sangat rentan terhadap kecepatan clock yang lebih cepat, meningkatkan tegangan dan suhu tinggi yang dihasilkan oleh overclocking. Overclocker, para gamer terlalu seringkali terjadi bahwa dengan dorongan 20 persen pada clock speed dari prosesor computer yang mereka gunakan dapat menyebabkan sistem operasi mereka untuk bekerja tidak menentu. Ketika ini terjadi, mungkin perlu menginstal ulang Windows.

Sistem Tidak Perlu Reinstall 

Tidak semua gangguan software atau hardware memerlukan solusi untuk menginstal ulang Windows. Misalnya, jika sistem Anda memperlihatkan kinerja atau bekerja lebih lambat dari kinerja sebelumnya, cobalah lakukan defragmenting hard drive Anda. Gunakan alat pembersihan disk dan cobalah untuk mengompresi file. Dengan melakukan pemeliharaan rutin ini akan sering mempercepat PC Anda tanpa Anda harus menginstal ulang Windows.

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang sama hanya ketika Anda membuka program tertentu, mulailah dengan mengatasi masalah pada aplikasi tersebut dan bukan OS. Periksa dan lakukan update pada program. Pada skenario error aplikasi yang paling buruk, cobalah remove/menghapus program yang error, download program versi terbaru dan instal kembali. Seringkali, dengan mengikuti prosedur sederhana ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat lunak yang bebas dari kesalahan.

Jika Anda tidak dapat membuka desktop Anda ketika Anda menyalakan komputer Anda, lakukan booting dengan masuk ke Safe Mode sebelum Anda panik dan masukkan CD instalasi Windows. Anda mungkin dapat memecahkan masalah dalam konfigurasi ini dengan mengatur ulang beberapa pilihan Start Up atau menggunakan alat yang tersedia di kotak dialog System Configuration.

Jika sistem Anda mulai bekerja tak menentu setelah melakukan download atau crash, coba jalankan registry cleaner. Software Pembersih registri dapat anda download dengan gratis dan bebas biaya dari Web dan program-program pembersih registry sering membersihkan registri yang konflik dan isu-isu lainnya, sehingga dapat mencegah kebutuhan untuk menginstal ulang Windows.

Posting Komentar untuk "Kapan Harus Menginstal ulang Windows?"