Mengetahui Alamat IP Router

Sebuah router jaringan yang khusus digunakan untuk jaringan local atau sering disebut local area network (LAN) yang juga digunakan untuk jaringan internet terdiri dari dua alamat IP, satu untuk perangkat lokal untuk terhubung ke seluruh jaringan LAN, dan satu untuk koneksi eksternal internet (WAN). Bagaimana Anda dapat menemukan alamat IP router? 

Pada jaringan Internal, alamat IP LAN-biasanya diatur pada setingan default. Misalnya pada Linksys router, menggunakan alamat IP bawaan/default 192.168.1.1 untuk alamat IP internal perangkat tersebut. Router D-Link dan Netgear biasanya menggunakan alamat IP 192.168.0.1. Beberapa router Robotika AS menggunakan 192.168.123.254, dan beberapa router Belkin dan SMC menggunakan 192.168.2.1. 

 Akan tetapi kita tidak perlu khawatir mengenai berbagai merek dan jenis router, karena alamat IP internal default pada masing-masing jensi dan merek router sudah tercantum dan tercatat dalam dokumentasi pabrikan. Apabila anda sebagai administrator jaringan, anda memiliki pilihan untuk mengubah alamat IP default tersebut kapanpun anda inginkan. 

Alamat IP eksternal, alamat IP WAN pada router dapat diatur ketika router anda terhubung ke jasa penyedia layanan Internet. setelah anda melakukan penambahan IP WAN Eksternal, alamat ini juga dapat dilihat pada router konsol administratif. 

Cara lain untuk mengidentifikasi alamat IP publik router, adalah dengan menggunakan perintah perintah ping atau traceroute. Dari dalam jaringan lokal anda, gunakan perintah konsol (DOS) kemudian ketikkan "ping-r 1". Dengan perintah ini bertujuan akan mengirim pesan melalui router jaringan rumah/lokal yang akan menyebabkan alamat IP akan ditampilkan. Misalnya, "ping-r 1 www.yahoo.com" harus menghasilkan pesan seperti berikut ditampilkan pada command prompt: 

Reply from 66.94.230.43: bytes = 32 time = 294ms TTL = 56 Rute: 209.179.21.76 ... 

Dalam contoh ini, alamat IP setelah "Route:" (209.179.21.76) sesuai dengan alamat router WAN. 

Pada jaringan perusahaan, layanan jaringan penemuan berdasarkan SNMP dapat secara otomatis menentukan alamat IP router dan banyak perangkat jaringan lainnya.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Alamat IP Router"