Menampilkan On Screen Keyboard Windows 8

Para pemakai windows tentu tidak asing dengan fasilitas Ease Access pada Sistem Operasi Windows On Screen Keyboard yang sangat berguna membantu kita dalam mengetik huruf Arabic, atau mungkin untuk keperluan lainnya misalnya pada kondisi tidak terpasangnya keyboard dan untuk keperluan lainnya.

Jika pada Windows 7 atau Windows sebelum windows 7 seperti windows XP kita bisa mengakses dan menampilkan fasilitas On Screen Keyboard dengan mudah hanya dengan membuka pada fasilitas Start/Menu Program. Sedangkan pada Sistem Operasi WIndows 8 fasilitas On Screen Keyboard tidak terdapat pada Start/Menu Program. Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuka dan menampilkan fasilitas On Screen Keyboard pada Windows 8?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengakses, membuka atau menampilkan On Screen Keyboard pada Windows 8:

Cara Pertama:

Tekan tombol yang bergambar Logo Windows pada Keyboard yang anda gunakan, letakkan kursor anda pada pojok kanan bawah pada layar monitor anda sehingga akan muncul menu search seperti tampak pada gambar berikut ini:
Melalui menu Search Apps, anda tinggal mengetikkan kata OSK (On Screen Keyboard) pada Kolom Pencarian Application/Program.
Cara kedua:

adalah dengan menggunakan perintah Run, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Tekan Tombol yang berlogo Windows dan Tombol Huruf R pada keyboard secara bersamaan
  • Jika Sudah muncul jendela RUN, kemudian ketikkan kata OSK
Cara Ketiga :
  • Lakukan langkah-langkah pada cara kedua sampai muncul jendela RUN
  • Ketikkan kata CMD pada Kolom Open
  • Jika sudah keluar jendela Command, Ketikkan kata OSK
Cara Keempat :
  • Tekan Tombol pada keyboard yang berlogo Windows + Tombol Huruf E secara bersamaan sehingga akan muncul jendela Windows Explorer
  • Pada Address Bar ketikkan kata OSK

Lihat video cara menampilkan on screen keyboard windows 8 di youtube. Semoga bisa membantu dan selamat bekerja dengan On Screen Keyboard

2 komentar untuk "Menampilkan On Screen Keyboard Windows 8"

  1. lha kalau win 8 masih dalam keadaan terkunci (password) gmn caranya boss?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila windowsnya berpassword, mau tidak mau harus mengetahui paswordnya dulu untuk membuka layar desktop dengan cara-cara tersebut pada artikel menampilkan on screen keyboard.

      Hapus