Komputer Restart Berulang-ulang

Suatu hari, seseorang datang kepada saya dengan membawa sebuah komputer yang mengalami masalah. Komputer yang dibawa tersebut memiliki spesifikasi komputer seperti yang tersebut di bawah ini: 
  1. RAM: P0-2DDR800 (DDR 2 PC800 2GB) 
  2. Mainboard / Motherboard: J-MI5G41SGM-D2L; 
  3. Processore: E5400; 
  4. Hard Disk: HD-250GSATAH 
  5. ODD: SS-DVDRW22XX 
  6. OS: GJC-00.255 
  7. NIC: AL-PCWLAN 
  8. VGA: Integrated 
Gejala dan tanda yang ada pada komputer tersebut adalah ketika tombol power pada di tekan, power supply unit (PSU) menunjukkan bahwa komputer akan hidup, tetapi hanya dalam beberapa detik saja kompouter mengalami restart. Dan tanpa menekan tombol power, kemudian dalam hitungan detik, komputer menunjukkan tanda-tanda akan hidup, akan tetapi dalam beberapa detik juga komputer kembali restart. 
 
Hal ini terjadi secara berulang-ulang dan terus menerus tanpa henti (meskipun hanya dengan menekan satu kali saja tombol power. Dan tentu saja komputer belum dan tidak dapat booting pada BIOS. Pertanyaannya adalah apa masalah komputer tersebut? 
 
Untuk mengetahui apa masalah sebenarnya pada komputer tersebut beberapa langkah yang saya lakukan adalah: 
 
Pertama, saya mencoba untuk memeriksa power supply unit dengan menggantinya PSU lama dengan power supply unit (PSU) yang baru. Hasil dari eksperimen yang saya lakukan adalah kondisi komputer masih tetap seperti kondisi di atas (restart berulang-ulang dan terus menerus dan tidak/belum sampai booting pada BIOS. Kesimpulan pada langkah pertama adalah tidak ada masalah pada PSU. Jadi, saya memutuskan untuk menghapus menggunkana kembali PSU yang lama dan mencoba melakukan percobataan kedua. 
 
Langkah kedua, saya mencoba untuk mencabut semua hardware yang terhubung dengan Motherboard / mainboard komputer, tetapi hanya RAM yang masih terpasang pada mainboard dan kemudian menekan atau menyalakan tombol power, dan hasilnya adalah komputer masih seperti sediakala. 
 
Langkah selanjutnya yang saya lakukan untuk memeriksa dan mengidentifikasi masalah komputer tersebut adalah dengan mencabut semua perangkat yang terhubung ke mainboard termasuk dan juga RAM, dan hasilnya adalah komputer bisa melakukan booting BIOS dan tidak terjadi restart berulang-ulang seperti yang ditunjukkan pada langkah pertama dan kedua pada identifikasi masalah, dan tentu saja timbul Bunyi suara (Beep) yang mana hal ini menandakan jika RAM tidak terpasang dengan baik atau sempurna. Dan selanjutnya adalah langkah ke empat. 
 
Langkah ke empat, Saya mencoba untuk memasang/menginstal RAM dengan RAM yang baru dan semua hardware yang ada masih belum terpasang, dan hasilnya adalah komputer bisa melakukan booting BIOS dengan normal dan tidak mengalami restart secara berulang-ulang. Setelah komputer dapat melakukan Booting BIOS dengan sempurna, kemudian power dimatikan dan memasang kembali semua perangkat keras komputer dan hasilnya adalah komputer dapat melakukan booting BIOS dan booting Windows dan tidak tanpa terjadi restart. 
 
 Jadi, dengan beberapa percobaan di atas, kita dapat membuat kesimpulan dari masalah pada komputer di atas bahwa kerusakan yang terjadi adalah karena RAM yang rusak/aus atau mati. Untuk memperbaiki dan memecahkan masalah ini adalah dengan mengganti RAM yang rusak dengan RAM baru. 
 
Demikian proses identifikasi masalah pada komputer yang mengalami restart berulang-ulang. Jika Anda memiliki beberapa pengalaman atau sesuatu masalah komputer seperti di atas, silakan berbagi masalah anda, pendapat atau solusi dengan menuliskan komentar pada kolom komentar di bawah ini Mudah-mudahan bisa membantu.

Posting Komentar untuk "Komputer Restart Berulang-ulang"