Cara Sharing Jaringan Internet Dengan Modem EVDOO

Menggunakan Satu Modem untuk 2 (Dua) Komputer,Teknologi informasi berkembang teramat cepat tiap menitnya, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Perkembangan dunia teknologi informasi dalam hal perangkat keras salah satunya adalah dalam hal perangkat jaringan internet. Salah satu komponen utama dalam jaringan internet adalah perangkat yang menghubungkan komputer dengan dunia internet yaitu modem. 

Ada banyak tipe modem untuk menghubungkan komputer dengan internet (jaringan komputer berskala dunia), akan tetapi kali ini yang akan dibahas adalah USB Modem yang menggunakan kartu telpon seluler (sim card). Modem jenis ini relatif kecil sehingga bisa dibawa kemanapun anda pergi. Dengan hanya memasukkan sim card nomor telpon pada USB Modem yang sudah terhubung pada port usb komputer, anda bisa terhubung dengan internet untuk melakukan aktifitas surfing/browsing, downloading, chating, emailing, telekonferensi online, dan aktifitas internet lain. 

Lanjut pada tema utama seperti yang ada pada judul di atas, artikel ini akan membahas tentang bagaimana agar dua komputer bisa terhubung dengan internet dengan menggunakan satu modem (sharing jaringan internet). Modem yang saya gunakan pada kesempatan kali ini adalah USB modem EVDOO 800/1900Mhz dengan SIM Card (kartu telepon seluer) Smart. 

Sebelumnya kita mempersiapkan dulu beberapa perangkat yang diperlukan untuk membagi jaringan internet dengan menggunakan USB modem EVDOO 800/1900Mhz untuk 2 komputer agar dua komputer tersebut bisa terhubung dengan internet dan bisa mengakses internet untuk aktifitas intenet seperti surfing/browsing, downloading, chating, emailing, telekonferensi online, dan aktifitas internet lain 

Beberapa peralatan yang anda perlukan adalah 
  1. USB Modem EVDOO 800/1900Mhz 
  2. Kartu smart yang masih aktif 
  3. 2 (dua) buah komputer 
  4. Kabel untuk jaringan lokal (kabel LAN) dengan tipe setting kabel Straight
Langkah-langkah untuk membagi jaringan internet dengan USB modem EVDOO 800/1900Mhz adalah sebagai berikut: 
  • Hidupkan dua buah komputer anda, dan hubungkan komputer tersebut dengan kabel LAN yang sudah anda siapkan 
  • Colokkan usb modem yang sudah ada kartu smart pada salah satu komputer/laptop dan install driver modemnya 
  • Cabut dan masukkan kembali USB Modem 
  • Muncul jendela program USB EVDO Modem 
  • Pada menu Connect Point pilih provider kartu yang anda gunakan (Karena kartunya smart maka pilih: Smart...........kemudian Klik Connect (lihat gambar)

  • Jika anda sudah terkoneksi ke jaringan internet, langkah selanjutnya adalah mengatur agar koneksi internet dengan modem yang anda gunakan bisa digunakan untuk komputer yang lain yang sudah terhubung ke komputer yang terpasang USB EVDO Modem dengan kabel LAN. 
Lihat langkah-langkahnya berikut ini:
Jika anda menggunakan Windows XP, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Buka Control panel pada komputer yang terpasang USB modem
  • Pilih dan Doble Klik pada Network Connection 
  • Pilih dan Klik Kanan pada EVDO....... pilih Properties, akan muncul seperti gambar di bawah ini:
  • Pada Menu Properties Evdoo Modem.....pilih Tab Menu Advanced......lihat pada sub menu Internet Connection Sharing, beri tanda centang/cek pada bagian Allow other users to connect through this computers internet connection. Lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini:
    Nb: klik ok pada jendela pop up yang muncul pada prosedur di atas (seperti tampak pada gambar di atas)
    Proses membagi/sharing koneksi intenet dengan Modem EVDOO sudah selesai jangan lupa untuk mengatur atau setting TCP/IP pada komputer yang satunya (tanpa modem) dan sudah terhubung dengan komputer melalui kabel jaringan.
    Untuk lebih jelasnya lihatlah penjelasan dan gambar berikut:
    • Masuk ke Control Panel......pilih Internet Connection..............pilih Local Area Connection.....Klik kanan pada Local Area Connection .....pilih Properties (lihat gambar di bawah)
    • Muncul jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties...Klik Properties seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
    • Setting Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

    Selesai, Silahkan anda coba untuk melakukan Browsing, chating atau aktifitas internet lain dari dua komputer tersebut
    Jika anda menggunakan windows 7
    • Buka Control Panel........pilih Network and Internet....pilih Network and Sharing Center.......pilih Change Adapter Settings............pilih EVDO.......Klik Kanan Pada EVDOO dan pilih Propertis (Lihat gambar pada langkah-langkah di bawah ini) 
     

     


    • Pada menu EVDO Properties............Pilih Menu Sharing........beri tanda Check (centang) pada Allow other network users to connect through this computer’s internet connection....kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya seperti pada gambar. 
    NB; Klik OK jika muncul jendela pop up.....terakhir klik OK 

    Pilih Local Area Connection


    Selesai, jangan lupa untuk mengatur atau setting TCP/IP pada komputer yang satunya (tanpa modem) dan sudah terhubung dengan komputer melalui kabel jaringan (seperti Contoh pengaturan di atas.

    Silahkan anda browsing dengan dua komputer tersebut.
    Jika ada kritik dan saran atau pengalaman yang sama berkaitan dengan hal di atas, silahkan sharing kritik dan saran anda pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih

    Posting Komentar untuk "Cara Sharing Jaringan Internet Dengan Modem EVDOO"