Cara Membuat MP3 CD dengan Nero Burning System

Musik adalah multimedia audio yang serbaguna, yang diantaranya untuk mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dalam terapi musik (musik klasik), untuk beberapa perayaan atau pesta dan kegunaan lain-lain apabila diperlukan. Beberapa orang memutar musik pada komputer, perangkat gadget seperti handphone, blackberry, ipod, mp4 dan juga pada CD / DVD player. 

Kebanyakan file Audio atau musik ada dalam format file mp3. Jika Anda ingin musik yang diputar pada CD / DVD Player Anda, Anda harus memasukkan file-file musik tersebut pada CD / DVD Blank. Bagaimana cara membuat CD Mp3/Audio CD?. Nah, ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk membuat CD Mp3. Beirukut ini kami akan menunjukkan cara membuat CD MP3 menggunakan Nero Burning software agar file-file MP3/musik dapat diputar pada CD / DVD player yang anda punya.

Beberapa perangkat yang perlu anda siapkan diantaranya:

  1. Komputer dengan sistem operasi windows.
  2. Nero Burning system.
  3. CD/DVD RW Drive
  4. CD R/RW Blank
  5. File-file MP3

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat MP3 CD:

  1. Jalankan program Run Nero Burning system, Biasanya program sudah muncul pada desktop yang namanya Nero StartSmart. Anda juga bisa menggunakan Nero Burning Room untuk membuat MP3/Audio CD, tapi pada kesempatan kali ini sebagai demonstrasi kita akan menggunakan Nero StartSmart dari versi Nero 7 Essentials .
  2. Melalui menu utama Nero StartSmart pilihlah menu CD pada menu yang tampil seperti pada gambar di bawah ini:
  3. Langkah selanjutnya adalah pilihlah menu Create JukeBox (MP3, MP4, WMA).
  4. Setel;ah memilih menu Create JukeBox (MP3, MP4, WMA), anda akan ditunjukkan menu untuk memeasukkan/menambahkan file-file MP3 yang akan anda masukkan ke dalam CD
  5. Kemudian tambahkan file-file MP3/Audio yang anda suka dan akan anda bakar pada CD Blank dengan menggunakan perangkat Rewritable CD/DVD. Anda dapat menambahkan atau memasukkan file-file audio/MP3 dengan cara Drag dan Drop file dari jendela Windows Explorer.
  6. Program Nero akan menunjukkan kepada anda file-file yang sudah anda input dan siap dimasukkan/dibakar ke dalam CD blank. File-file Audio/AddinMP3 siapa untuk dibakar, dan anda tinggal klik Tombol Next.g :
  7. Dan kkemudian akan muncul menu final burn setting, pada menu ini anda dapat menuliskan nama dari Audio/MP3 CD yang anda buat, kemudian settinglah berapa jumlah copy Audio/MP3 CD yang ingin anda buat pada menu ini.
  8. Langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol Burn. Dalam beberapa menit akan ditunjukkan proses burning CD dan proses ini akan memakan beberapa waktu tergantung pada jumlah atau banyaknya file MP3/Audio yang anda masukkan ke dalam CD Blank.
  9. Selesai, dan selamat menikmati hasil karya anda sendiri yaitu koleksi Audio/MP3 CD yang anda buat dan siap anda gunakan kapankun dimanapun untuk anda putar pada perangkat CD/DVD player anda.
  •  Demikianlah cara-cara membuat MP3 CD dengan Nero. Lihat video cara membuat MP3 CD

    6 komentar untuk "Cara Membuat MP3 CD dengan Nero Burning System"

    1. Gan saya udh coba tapi knp ya pas saya masukin disc nya malah ada tulisa no disc

      BalasHapus
      Balasan
      1. 1. Coba di cek kembali apakah prosedurnya sudah sesuai dengan yang di atas?
        2. Apakah CD blank yang anda masukkan adalah bukan CD blank tapi jenis DVD blank?
        3. Jika jenis CD yang anda masukkan adalah jenis DVD, anda pilih saja pada langkah kedua devicenya DVD.

        Hapus
    2. mu nanya gan, gmana caranya supaya bisa mp3 yang kita burning bisa muat banyak. karena bberpa kali ku cuba kok hanya muat 10 - 14 lagu saja

      BalasHapus
      Balasan
      1. 1. Pastikan file yang anda burning bertipe .mp3
        2. Bila filenya belum .mp3, convert dulu file dengan menggunakan mp3 converter atau converter lain menjadi mp3
        3. Pastikan cd yang anda gunakan adalah cd blank

        Hapus
      2. lihat waktu putar yang mampu di muat oleh CDny gan.
        di CDblank pasti mencantumkan kapasitas dan waktu putar yang mampu di muat. contoh pada CD-R tercantum "700mb ~ 80min"
        jadi selain melihat total ukuran filenya lihat juga total waktu putarnya..

        Hapus
    3. UDAH SESUI LANGKAH...KALO DI PC KEBACA SIH TAPI KALO DI PLAYER DI MOBIL SETELAH CHECK DISK...TERNYATA NO DATA... GIMANA NICH

      BalasHapus